Share

Wahana Inti Makmur (NASI) Melantai di Bursa Hari Ini

Anggie Ariesta, Jurnalis · Senin 13 Desember 2021 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 278 2516048 wahana-inti-makmur-nasi-melantai-di-bursa-hari-ini-65sbKapeH5.jpg IPO (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Wahana Inti Makmur Tbk akan melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (13/12/2021). Emiten dengan kode saham NASI ini akan menjadi perusahaan tercatat ke-52 di BEI pada tahun ini.

Mengutip laman e-IPO, Wahana Inti Makmur saat ini memiliki kegiatan usaha utama sebagai produsen dan pemasok beras, dimana Perseroan membeli bahan baku berupa beras dan kemudian diolah oleh Perseroan untuk meningkatkan kualitas beras menjadi produk akhir Perseroan (rice to rice).

Perseroan memiliki merek dagang dan jenis produk beras yang beragam untuk ditawarkan kepada pelanggan. Selain itu, Perseroan juga melayani permintaan produk beras customize yang diproduksi secara khusus untuk memenuhi permintaan dari pelanggan di segmen Horeka (Hotel, Restoran dan Kafe).

Baca Juga: Tak Semua IPO Direstui BEI, Ini Alasannya

Wahana Inti Makmur juga bekerja sama dengan pelanggan untuk memproduksi beras dengan merek dagang milik pelanggan sendiri (Private Label).

Sejak pendiriannya, Wahana Inti Makmur telah menganut sistem pertanian plasma, dimana sistem pertanian plasma adalah hasil kerjasama antara Perseroan dengan para petani plasma untuk menghasilkan beras berkualitas tinggi yang dapat diproduksi secara berkelanjutan.

Baca Juga: Adaro Minerals Incar Dana IPO Rp604,85 Miliar, Tawarkan Harga Rp100-Rp125/Saham

Dalam melakukan kerjasama sistem pertanian plasma, para petani akan berperan untuk dapat menyediakan lahan pertanian plasma dan melakukan penanaman dan pemeliharaan terhadap tanaman padi plasma, sedangkan Perseroan akan memberikan dukungan berupa penyediaan bibit serta pembinaan yang intensif.

Dengan adanya sistem kerjasama pertanian plasma, Perseroan berharap petani lokal dapat mengelola pertanian secara produktif dan berkelanjutan, dapat menghasilkan beras unggul serta bibit padi unggul, dapat meningkatkan skala usaha pertanian yang dimiliki, dan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Selain itu, Perseroan juga berharap untuk memiliki kepastian pasokan bahan baku beras berkualitas tinggi dari para petani plasma.

Adapun NASI menetapkan harga penawaran perdana dalam IPO sebesar Rp155 per saham dan melepas sebanyak 200 juta saham baru yang merupakan Saham Biasa Atas Nama yang seluruhnya merupakan saham baru.

Sebanyak 24,77% dari modal ditempatkan dan disetor penuh NASI setelah IPO. Dengan demikian, dari IPO ini NASI akan meraup dana Rp31 miliar.

Untuk menggelar IPO, Wahana Inti Makmur menggandeng UOB Kay Hian Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini