Share

Viral Penumpukan Penumpang Karantina di Bandara Soetta, Calo Tawari Hotel Rp19 Juta

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 320 2519644 viral-penumpukan-penumpang-karantina-di-bandara-soetta-calo-tawari-hotel-rp19-juta-SeNk2h1bom.png Viral Penumpukan Penumpang di Bandara Soetta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Banyak turis dan Tenaga Kerja Wanita (TKW) terlantar menunggu karantina Wisma Atlet di Bandara Soekarno-Hatta sejak Minggu malam. Salah satu wisatawan yang baru tiba dari luar negeri mengunggah video berdurasi 2 menit 39 detik terkait kondisi Bandara Soekarno-Hatta yang penuh pelaku perjalanan internasional.

Bahkan, ada orang yang tertidur, berdekatan satu sama lain, dan tidak menjaga jarak. Sang pengunggah video bahkan didekati calo yang menawarkan tarif karantina hotel yang fantastis.

Baca Juga: Kasus Rachel Vennya, Polda Metro Usut Dugaan Pungli Rp40 Juta

"Saya ditawarkan hotel karantina satu orangnya Rp19 juta. Kalau lebih dari 20 orang, sudah berapa ratus juta tuh? Pemerintah benar-benar menyiksa rakyat," keluhnya, Senin (20/12/2021).

Sementara itu, Koordinator Hotel Repatriasi Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Vivi Herlambang mengatakan, tarif karantina hotel bervariasi per orangnya berdasarkan klasifikasi bintang hotelnya.

Baca Juga: Penjelasan Menko Luhut soal Karantina Pejabat dari Luar Negeri

"Tarif karantina hotel bintang dua Rp6,75 juta untuk 1 orang, dan hotel bintang lima Rp12,5 juta untuk 10 hari. Kalau untuk dua orang harganya beda ya, karena meals untuk dua orang," ujar Vivi saat dihubungi MNC Portal Indonesia di Jakarta.

Dia menyebutkan, bahwa turis bisa menghindari permainan harga calo dengan melakukan booking mandiri di website resmi hotel karantina D-HOTS PHRI di https://quarantinehotelsjakarta.com.

PHRI menyiapkan 15.700 kamar di sekitar 130 hotel di Jabodetabek sebagai lokasi karantina mandiri bagi masyarakat. Biaya untuk karantina bisa dipilih oleh masing-masing pelaku perjalanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini