Share

5 Harga Bahan Pokok Melambung Jelang Natal, Operasi Pasar Diprioritaskan

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 320 2521386 5-harga-bahan-pokok-melambung-jelang-natal-operasi-pasar-diprioritaskan-ImADxBn9cU.jpg Harga Bahan Pokok Naik Menjelang Natal dan Tahun Baru. (Foto: Okezone.com)

SEMARANG - Harga bahan pokok melambung tinggi menjelang Natal dan Tahun Baru 2022. Pemerintah pun bergerak cepat untuk melakukan respons bila perlu digelar operasi pasar.

"Tadi pagi saya berkeliling ke tiga pasar (di Semarang) ternyata ada kenaikan harga minyak goreng, telur, ayam, cabai setan, dan bawang merah," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Candi 2021 di Jalan Pahlawan, Semarang, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga: Harga Sembako Naik, Minyak Goreng Dijual Rp19.641 dan Cabai Rp87.145/Kg

"Lima komoditas hari ini yang menjadi perhatian dan sebentar lagi kita akan koordinasikan, agar tim pengendali inflasi daerah juga bekerja," imbuhnya.

Dia menambahkan, setelah pemantauan harga sembako itu juga langsung berkoordinasi dengan instansi terkait. Bahkan, bila diperlukan juga akan digelar operasi pasar untuk menstabilkan harga.

"Tadi kami juga komunikasi dengan Pak Wali Kota Semarang agar segera dilakukan respons-respons. Nanti kami akan coba komunikasi dengan kementerian yang ada di pusat agar hal ini segera kita selesaikan wabil khusus dalam hal ini minyak goreng, kita akan lakukan operasi pasar," ungkapnya.

Baca Juga: Cek Harga Ayam, Bawang hingga Telur Jelang Natal

Selama Libur Nataru, Ganjar melalui jajaran terkait akan mengamankan pos atau titik kedatangan. Menurutnya, kerjasama lintas sektoral termasuk TNI Polri hingga di level RT RW untuk memastikan kontrol kedatangan dilakukan secara ketat.

"Agar yang datang mesti melapor, di rumah itu kalau ada tamu kita tempeli stiker. Sehingga nanti seandainya terjadi sesuatu dan perlu kita lakukan tracing itu akan jauh lebih mudah," kata Ganjar.

Ganjar menegaskan, mulai hari ini pasukan akan menempati pos-pos yang telah ditentukan oleh Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro.

"Mulai hari ini dan seterusnya sampai dengan minggu pertama Januari kita akan siaga penuh. Pasukan yang sudah digelar ini mereka akan langsung berada di pos masing-masing," ujar Ganjar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini