Share

Stop Ekspor Bahan Mentah, Jokowi ke Investor: Yang Ingin Bangun Industri Bauksit Silakan

Dita Angga R, Sindonews · Senin 27 Desember 2021 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 320 2523416 stop-ekspor-bahan-mentah-jokowi-ke-investor-yang-ingin-bangun-industri-bauksit-silakan-urakuNmw0B.jpg Presiden Jokowi ajak investor bangun industri baukit (Foto: Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia akan stop ekspor bahan mentah mulai tahun depan. Presiden pun membuka lebar pintu bagi investor yang ingin membangun industri bauksit. Dia mengatakan bahwa tahun depan Indonesia tidak akan mengekspor bauksit mentah.

Baca Juga: Ekspor Rumput Laut Tembus USD177,9 Juta, Paling Banyak ke China

“Kepada investor bahwa yang namanya ekspor raw material kalau sudah nikel ini akan masuk lagi ke yang namanya bauksit. Jadi yang ingin membangun industri, membangun untuk hilirisasi bauksit silakan. Karena kesempatannya hanya ada satu tahun. Setelah itu akan stop, ga boleh lagi,” katanya, Senin (27/12/2021).

Baca Juga: Resmikan Smelter Nikel Serap 27.000 Pekerja, Jokowi: Semua Rakyat Bisa Kerja Tak Hanya Lihat Ekspor Bahan Mentah

Dia mengatakan bahwa penghentian ekspor bahan mentah dilakukan secara bertahap. Seperti diketahui saat ini pemerintah telah menghentikan ekspor nikel mentah.

“Tahun depan akhir, saya sudah berikan pemanasan terlebih dahulu stop bahan mentah bauksit. Tahun depannya lagi, akan kita stop lagi untuk minerba yang lainnya,” ujarnya.

Jokowi yakin dengan penyetopan ekspor bahan mentah akan membuat industri di dalam negeri berkembang dengan sangat cepat. Selain itu hilirisasi juga berkembang berkembang sangat cepat.

“Karena memang tidak ada pilihan yang ingin mengambil, membeli bahan mentah kita sudah tidak bisa lagi. Artinya mau tidak mau harus mendirikan industri di tanah air. Sehingga kita tidak ekspor lagi yang namanya bahan mentah yang sudah berpuluh-puluh tahun kita lakukan tanpa memberikan nilai tambah yang besar kepada negara,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini