Share

Tak Disangka! Segini Kekayaan Boy Thohir, Sang Pemilik Lahan Kawasan Industri Hijau Terbesar di Dunia

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 455 2523316 tak-disangka-segini-kekayaan-boy-thohir-sang-pemilik-lahan-kawasan-industri-hijau-terbesar-di-dunia-lMqvSEF1Ip.png Kekayaan Boy Thohir (Foto: Forbes/Adaro Energy)

JAKARTA - Intip kekayaan Garibaldi Thohir, sang pemilik lahan di Kawasan Industri Hijau terbesar di dunia. Kawasan Industri Hijau ini terletak di Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Melansir Forbes, Jakarta, Senin (27/12/2021), Garibaldi Thohir mempunyai kekayaan USD2,6 miliar atau setara Rp37,1 triliun. Pria yang akrab disapa Boy ini menduduki peringkat 17 dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes 2021.

Baca Juga: RI Punya Kawasan Industri Hijau Terbesar Dunia, Menko Luhut: Rezekinya Pak Boy Thohir

Garibaldi Thohir merupakan kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir yang mempunyai berbagai macam bisnis, salah satunya bisnis batu bara berbendera Adaro Energy.

Pria kelahiran 1 Mei 1965 ini merupakan Presiden Direktur dan CEO Adaro Energy (ADRO).

Dia pertama kali mengakuisisi saham di Allied Indocoal dalam usaha patungan dengan perusahaan Australia, kemudian dengan mitranya membeli Adaro pada tahun 2005.

Pada tahun 1997, Boy Thohir membentuk perusahaan pembiayaan sepeda motor Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance).

Dia masih mendistribusikan sepeda motor Honda. Boy Thohir memiliki saham di Hutchison 3 Indonesia yang menyediakan layanan telekomunikasi di Indonesia. Keluarganya juga mengoperasikan restoran dan hotel milik bersama.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa lahan pengembangan Kawasan Industri Hijau Tanah Kuning di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara merupakan milik Garibaldi Thohir atau Boy Thohir.

Menko Luhut mengaku, awalnya tak mengetahui tanah yang akan dibangun kawasan industri adalah milik Boy Thohir, pengusaha sekaligus kaka dari Menteri BUMN Erick Thohir.

"Jujur kami juga tadinya tidak mengerti siapa yang punya tanah di sini. Setelah kami meninjau ke daerah ini mengirimkan tim kita baru menemukan bahwa yang memiliki adalah Pak Boy Thohir," kata Menko Luhut dalam Keterangan resmi yang diterima MPI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini