Share

Daftar Miliarder yang Gigit Jari Imbas Pelarangan Ekspor Batu Bara

Athika Rahma, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 320 2527213 daftar-miliarder-yang-gigit-jari-imbas-pelarangan-ekspor-batu-bara-Qp03azeaYr.jpg Larangan Ekspor Batu Bara Bikin Pengusaha Merugi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Ekspor batu bara resmi dilarang mulai 1 Januari 2022 hingga 31 Januari 2022. Selama satu bulan, batu bara tidak boleh dikirim ke luar negeri dan harus diprioritaskan untuk penggunaan domestik.

Larangan ini pun berdampak pada menurunnya penjualan batu bara oleh perusahaan tambang di Indonesia. Dampak non material pun terasa oleh para pengusaha yang sebagian besar kekayaannya berasal dari bisnis batubara.

Lantas siapa saja para pengusaha yang merugi akibat kebijakan tersebut. Berikut rangkumannya, ditulis MNC Portal Indonesia, Selasa (4/1/2022).

1. Garibaldi Thohir

Kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir ini dikenal sebagai pemiliki PT Adaro Energy. Dirinya adalah Presiden Direktur Adaro yang memiliki saham 6,18% di perusahaannya. Forbes mencatat, Garibaldi berada di urutan ke-17 orang terkaya Indonesia dengan harga USD 2,6 miliar.

Baca Juga: Ekspor Dilarang, PLN Dapat Tambahan Pasokan 3,2 Juta Ton Batu Bara

2. Peter Sondakh

Peter adalah pengusaha batubara dengan kekayaan USD 1,5 miliar (tahun 2020). Sumber kekayaannya berasal dari Rajawali Corpora, yang menaungi 3 perusahaan besar yaitu Archi Group, Golden Eagle Energy dan Indo Mines. Golden Eagle Energy diketahui mengelola tambang di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

3. Low Tuck Kwong

Pendiri Bayan Resources ini tercatat memiliki saham perusahaan sebesar 55,17%. Dirinya tercatat sebagai orang terkaya ke-18 di Indonesia versi Forbes dengan kekayaan USD 2,6 miliar.

Baca Juga: Listrik Mati atau Ekspor Batu Bara, Sri Mulyani: Pilihan Sulit

4. Arsjad Rasjid

Arsjad yang juga menjabat sebagai Ketua Umum KADIN Indonesia merupakan Direktur Utama PT Indika Energy. Dirinya memiliki 0,02% saham di sana.

5. Theodore Permadi Rachmat

Pengusaha ini merupakan Wakil Komisaris PT Adaro Energy dengan kekayaan USD 3 miliar atau berada di urutan ke-15 orang terkaya di Indonesia. Dia memiliki 2,54% saham di Adaro.

6. Edwin Soeryadjaya

Edwin dengan kekayaan USD 1,51 miliar merupakan pengusaha batubara serta perusahaan investasi. Dia adalah pendiri PT Saratoga Investama Sedaya yang memiliki saham di Adaro sebanyak 3,29%. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini