Share

Turun Tangan, Menko Luhut Sebut RI Tak Lagi Krisis Batu Bara

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 320 2528670 turun-tangan-menko-luhut-sebut-ri-tak-lagi-krisis-batu-bara-E1gCVGfhim.jpg Menko Luhut Sebut RI Lewati Masa Krisis Batu Bara. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa kondisi krisis pasokan batu bara untuk pembangkit listrik telah terlewati.

Meski demikian, pemerintah terus melakukan sejumlah evaluasi terkait kebijakan atas ekspor batu bara hingga mendegarkan usulan solusi untuk kondisi darurat dan jangka panjang atas masalah ini.

Baca Juga: 2.078 Izin Pertambangan Dicabut, 302 Usaha Batu Bara Dihentikan

“Kita bagi akan bahas dua pemenuhan sekarang dan nanti penyelesaian permanen. Yang sekarang itu sudah nggak ada masalah emergency nya sudah terlewati (masalah krisis pasokan batu bara),” Kata Menko Luhut Binsar kepada wartawan, Dikutip Jumat (7/1/2022).

Terkait putusan larangan ekspor batu bara, Menko Luhuttengah mendiskusikan dengan sejumlah pihak terkait seperti Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Asosiasi Pertambangan Indonesia (APBI).

Baca Juga: Ini Daerah dengan Cadangan Batu Bara Terbesar di RI

“Belum ada keputusan, Ada sedikit item yang mau kita selesaikan, besok tim akan bekerja. Kemudian juga sekaligus akan menyampaikan formula baru kami usulkan, dipelajari tim dan akan dilanjut besok (hari ini) ,” pungkasnya

Sebagai informasi, PLN sebelumnya yelah mengalami kekurangan pasokan batu bara yang membuat listrik untuk 10 juta pelanggan terancam. Akibat dari kondisi tersebut, Kementerian ESDM lantas melarang adanya ekspor batu bara per 1 Januari 2022. Data per 5 Januari 2022, PLN dilaporkan masih kekurangan 6,1 juta ton batu bara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini