Share

3 Langkah Ampuh Turunkan Harga Minyak Goreng Cs

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 320 2529706 3-langkah-ampuh-turunkan-harga-minyak-goreng-cs-VSyk0zp3PP.jpg Upaya Turunkan Harga Sembako yang Naik Sejak Natal 2021. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kebutuhan pangan seperti minyak goreng, cabai hingga telur ayam menjadi sorotan karena tingginya harga. Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) mengungkapkan beberapa hal yang harus diperhatikan agar harga kebutuhan pokok kembali stabil.

Pertama, pemerintah harus memiliki data, barang mana di pasar yang harganya melambung tinggi. Kedua, pemerintah harus punya langkah konkret untuk menurunkan harga tersebut serta ketersediaan barang jangan sampai langka.

Baca Juga: PTPN Produksi Minyak Goreng Murah, Erick Thohir: Ringankan Beban Masyarakat

“Pemerintah punya kekuatan dan regulasi untuk melakukan hal itu. Terutama untuk barang dari dalam negeri. Kalau barang dari luar negeri, memang harganya sudah diatur dari pihak luar negeri,” ujar Ketua Hubungan Antar Lembaga Inkoppas Andrian Lame Muhar, Senin (10/1/2022).

Dia menyebutkan, pemerintah harus punya cara dan langkah dalam membina hubungan bilateral dengan negara pengimpor tersebut agar harganya bisa murah. Oleh karena itu, lanjut Andrian, Inkoppas terus mendorong pemerintah agar melakukan tindakan cepat dan terukur untuk menanggulangi lonjakan harga kebutuhan pokok tersebut.

Baca Juga: Operasi Pasar Minyak Goreng Capai 3,7 Juta Liter

“Saya akui, Inkoppas sudah berusaha mencari sumber barang yang murah dan berkualitas. Sehingga bisa diborong Inkoppas dan dilepas ke anggota,” paparnya.

Inkoppas berharap saranya ditanggapi dengan baik oleh pemerintah, yaitu dengan membantu pedagang pasar, sehingga pedagang mendapatkan harga kebutuhan pokok yang terjangkau dan tidak kesulitan menjual barangnya. Dan pelanggan bisa membeli dengan harga terjangkau.

"Kami bersinergi dengan pemerintah untuk mendapatkan sumber barang yang murah. Artinya, dengan harga terjangkau. Barang tersebut kemudian disalurkan ke anggota Inkoppasmelalui operasi pasar dan unit usaha, " pungkas Andrian Lame Muhar.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan memastikan stok minyak goreng tetap tersedia secara nasional dengan harga yang terjangkau. Hal ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo.

Penyaluran minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14.000 per liter yang selama masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, telah dilakukan melalui ritel modern, akan diperluas melalui pasar tradisional dan tetap melaksanakan operasi pasar.

“Kami memastikan stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau sehingga masyarakat dapat memperoleh minyak goreng di semua pasar baik ritel modern maupun di pasar tradisional,” tegas Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini