PLN Tunggu Pasokan Batu Bara, Kapal Angkut Belum Gerak?

Athika Rahma, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 320 2530926

JAKARTA - Pemerintah menjamin pasokan batu bara untuk listrik dalam negeri dalam kondisi aman. Namun, PLN masih menunggu batu bara sampai ke pembangkit. Kepastian stok batu bara pun masih berupa komitmen kontrak.

"Sekarang volume pasokan sudah memadai. Yang kita tunggu itu deliverynya ke PLN. Sekarang akan diatur pengirimannya. Jadi kontraknya sudah aman, tapi belum mulai gerak kapalnya," ujar Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Jamaluddin dalam diskusi Economic Challenges, ditulis Rabu (12/1/2022).

Baca Juga: Ekspor Batu Bara Diizinkan, Jepang Sampaikan Terima Kasih ke Luhut

Ridwan mengatakan, volume batu bara dari kontrak PLN dengan mitranya sudah semakin meningkat. Saat ini, stok batubara di PLN dapat digunakan untuk 15 hari operasi (HOP).

"Sekarang rata-rata mencapai 15 HOP, menuju ke sana. Sebelumnya efektivitas kewajiban atau kontrak PLN dengan mitranya kuirang lebih 60%, sekarang sudah 80%," ujar Ridwan.

Baca Juga: Ekspor Batu Bara Masih Dilarang?

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkap, efektivitas pengiriman pasokan batubara PLN pada Agustus hingga Desember 2021 hanya mencapai 62%.

"Bahkan di Desember mendekati 35%," katanya. Oleh karenanya, kondisi batubara PLN sempat menipis. Namun, sekarang kondisi kritis itu telah bisa diminimalisir.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini