Tarif Listrik Berpotensi Naik Gara-Gara Batu Bara, Ini Penjelasannya

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 320 2531279 tarif-listrik-berpotensi-naik-gara-gara-batu-bara-ini-penjelasannya-cszWJVV1n4.jpg Tarif Listrik Berpotensi Naik (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pemerintah berencana mengubah skema pengadaan batu bara untuk PT PLN (Persero). Hal itu akan berpotensi terjadinya kenaikan tarif listrik.

Dengan rencana baru ini PLN akan membeli batubara dengan harga yang sama di pasar. Karena saat ini PLN masih membeli batubara kebijakan domestic market obligation (DMO) dipatok sebesar USD70 per ton dan selisih DMO akan ditanggung oleh pemerintah.

"Memang ini serba salah. Kalau bicara pasokan batu bara, ini sangat dibutuhkan apalagi hampir 65% pembangkit kita adalah PLTU. Dibutuhkan pasukan batu bara yang cukup besar. Di sisi lain, disparitas harga antara DMO dengan harga pasar saat ini sangat jauh sekali," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Rabu (12/1/2022).

 

Untuk mengatasi hal tersebut dia mengungkapkan, perlu pertimbangan yang matang dan solusi dari semua pihak.

"Saya kira ini akan jadi permasalahan tersendiri kalau memang nanti ke depan PLN akan membeli dengan harga pasar. Perlu pertimbangan kira-kira seperti apa solusinya. Pengusaha juga tetap mau menjual ke PLN karena ada kejelasan terkait harga dan lain-lain sehingga mereka happy menjual ke PLN," katanya.

Baca Selengkapnya: Jangan Kaget! Tarif Listrik Bisa Naik Gegara Batu Bara

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini