Share

Usai Luhut, DPR Soroti PLN Batu Bara

Athika Rahma, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 320 2531654 dpr-minta-pln-batu-bara-dibubarkan-ini-alasannya-Y4EdSJRsQ9.jpg Batu Bara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi VII DPR RI menyoroti kinerja anak usaha PT PLN yakni PLN Batu Bara. Anak usaha PLN tersebut belum menunjukkan kinerja yang baik sehingga krisis batu bara di awal tahun terjadi.

Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Patijaya menyebut, PLN Batubara didirikan untuk menyokong pasokan batu bara PLN. Namun kenyataannya, PLN Batubara lebih sibuk dengan urusannya sendiri.

Baca Juga: Skema BLU untuk DMO Batu Bara, Begini Kata Menko Luhut

"Saya mendapati data dan fakta, beberapa pengusaha yang curhat ke saya, sebetulnya PLN Batubara ini terlalu sibuk dengan aktivitas bisnisnya, tidak men-support daripada kebutuhan PLN sendiri," katanya dalam rapat kerja dengan Menteri ESDM, Kamis (13/1/2022).

Lanjutnya, PLN Batubara tidak sigap dan lama dalam membayar kewajibannya kepada pengusaha. Menurut Bambang, lama waktu pembayarannya bisa mencapai 5-6 bulan.

Baca Juga: Luhut Sanksi Pengusaha Tambang Tak Patuhi DMO: Mereka Masih Punya Utang Batu Bara ke PLN

"Jadi pemilik tongkang itu pada nggak mau urusan dengan dia, menghindar semua," ujarnya.

Oleh karenanya, lanjut Bambang, PLN perlu disehatkan dengan cara memangkas birokasi, salah satunya dengan membubarkan anak usaha PLN ini.

"Nggak ada guna, nanti jadi banyak oknum tertentu saja, kan gitu. Kita jangan fasilitasi orang untuk korupsi," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini