Skema BLU untuk DMO Batu Bara, Begini Kata Menko Luhut

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 320 2531453 skema-blu-untuk-dmo-batu-bara-begini-kata-menko-luhut-HZNVBWSEe4.jpg Skema BLU Disiapkan untuk Jamin Batu Bara Dalam Negeri. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA— Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (kemenko marves) bersama sejumlah Kementerian dan Lembaga mematangkan pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) penyediaan Domestic Market Obligation (DMO) batu bara.

Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pembuatan BLU dibahas salah satunya skema pemungutan batu bara. Dan dibutuhkan setidaknya kurang lebih hampir dua bulan untuk dilakukan finalisasi.

Baca Juga: Luhut Sanksi Pengusaha Tambang Tak Patuhi DMO: Mereka Masih Punya Utang Batu Bara ke PLN

“BLU masih dikerjain kan butuh waktu sampai dua bulan. (Skema pungutan) iya nanti mereka sedang kerjain. Hampir sama lah baseline dibuat USD70, jadi kalau USD70 beberapa kelompok batu bara ini sesuai,” katanya, saat ditemui di kantornya, Kamis (13/1/2022).

Pembentukan BLU sedang dipersiapkan bersama Kementerian Keuangan, termasuk mengenai besaran iuran yang akan dipungut.

Baca Juga: RI Kembali Buka Ekspor Batu Bara, Apa Alasannya? Luhut: Kita Perlu Uang!

“Rapat ini sudah semua, sudah (PLN sudah declare), tidak ada satupun yang terkait dengan ini tidak hadir, sampai bakamla. Dan cek tongkang yang ke luar negeri penuhi DMO atau tidak. semua perhubungan juga sudah,” tambahnya.

Sebagai catatan, adapun dasar hukum pembentukan BLU DMO batu bara ini mengacu pada Perppu No. 1 Tahun 2020. Pasal 1 angka 8 menyebutkan bahwa Badan Layanan Umum adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini