Share

1,2 Miliar Liter Minyak Goreng Disiapkan dengan Harga Rp14.000, Cek Fakta dan Lokasi Belinya

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 16 Januari 2022 05:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 320 2532771 1-2-miliar-liter-minyak-goreng-disiapkan-dengan-harga-rp14-000-cek-fakta-dan-lokasi-belinya-Nu6HpfGQNs.jpg Minyak Goreng (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pemerintah menyediakan minyak goreng untuk masyarakat sebesar Rp14 ribu per liter selama 6 bulan ke depan.

"Evaluasi akan dilakukan di bulan Mei, dan ini masih ada kemungkinan untuk diperpanjang. Volume yang akan disalurkan selama 6 bulan tersebut adalah sebanyak 1,2 miliar liter," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam press briefing virtual di Jakarta.

Berikut fakta 1,2 miliar liter minyak goreng disiapkan dengan harga Rp14.000 yang dirangkum di Jakarta, Minggu (16/1/2022).

1. Dibutuhkan Anggaran Sebesar Rp3,6 Triliun

Setidaknya, lanjut Airlangga, sebanyak 70 produsen minyak goreng dan 225 packer akan dilibatkan. Dia mengatakan bahwa dibutuhkan anggaran untuk menutup selisih harga ditambah PPN sebesar Rp3,6 triliun.

Baca Juga: Menko Airlangga: Ada Operasi Pasar, Harga Minyak Goreng Turun Jadi Rp14.000

"Selain itu, Komite Pengarah memutuskan BPDP-KS menyediakan dan melakukan pembayaran sekitar Rp3,6 triliun, dan pihak BPDP-KS bisa menunjuk surveyor dan menyetujui perubahan postur anggaran BPDP-KS," ungkap Airlangga.

2. Libatkan 70 Produsen

Dalam hal ini, Pemerintah akan melibatkan 70 produsen minyak goreng dan 225 jasa pengemasan untuk penyediaan miliaran liter minyak goreng bersubsidi tersebut.

Sebelumnya Pemerintah juga sudah menggelontorkan 4 juta liter minyak goreng di 47.000 gerai pasar moderen. Distribusi tersebut, menjadi bagian dari 11 juta liter minyak goreng yang digelontorkan pemerintah dalam operasi pasar minyak goreng Rp14.000 per liter.

3. Stok untuk 6 Bulan Pertama

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi siap memasok 1,2 miliar liter minyak goreng pada pekan kedua Januari 2022. Lutfi, menyebut, program 1,2 miliar liter minyak goreng disediakan pemerintah untuk 6 bulan pertama di tahun ini. Pasokannya itu diyakini mampu menekan harga minyak goreng yang kian menjulang tinggi.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Subsidi Rp14 Ribu, Belinya di Sini

"Kita ini sedang launching 1,2 miliar liter (minyak goreng), jadi jumlahnya masif, karena jumlahnya masif kita mesti kompatibel. Nah, makanya masih tertunda, kita mulai minggu ini akan jalan," ujar Lutfi saat di temui di kawasan Kota Tua Jakarta.

4. Gandeng BUMN Sektor Pangan hingga Swasta Nasional

Lutfi memastikan, pasokan minyak goreng tersebut akan tersedia di pasar ritel tradisional dan modern dengan kemasan yang sederhana.

Sementara itu, untuk memastikan ketersediaan pasokan minyak goreng bisa terpenuhi hingga 1,2 miliar liter, Kementerian Perdagangan menggandeng BUMN di sektor pangan hingga swasta nasional.

"Jadi, karena ini adalah pekerjaan yang sangat besar, kita mesti bekerja bersama-sama secara akuntabel. Kita gak mau kan kemasan sederhana dipotong, dikumpulkan, terus di jual untuk ekspor lagi. Kita mau ini untuk rakyat Indonesia," ungkap dia.

5. Pendistribusian Sudah Dimulai

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, distribusi minyak goreng subsidi tengah direalisasikan bersama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Hingga Kamis 13 Januari 2022 kemarin, total minyak goreng yang sudah didistribusikan sebanyak 20,5 juta liter.

"Sekarang sudah mulai tersebar di seluruh Indonesia. Laporan dari ritel modern, cara untuk mempercepat aliran ke masyarakat itu, sudah dikeluarkan dan sedang direalisasikan sampai 20,5 juta liter," ujar Oke saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

"20,5 juta liter itu bertambah terus. Terakhir kemarin segitu. Ini masih terus kita sebar," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini