Share

Tips Investasi dengan 'Uang Receh', Simak Yuk!

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Minggu 16 Januari 2022 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 622 2532907 tips-investasi-dengan-uang-receh-simak-yuk-KofAiy7G8p.jpg Tips Investasi Bagi Generasi Milenial. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA Investasi bisa dilakukan dengan beragam cara dan dengan besaran berapapun. Misalnya, bagi pekerja dengan gaji Rp5 juta tak perlu khawatir, jika ingin berinvestasi, karena sekarang muncul istilah micro-investing.

“#temanPrita, aku hadir nih dengan tips investasi buat yang penghasilannya Rp5 juta. Hayooo siapa yang udah minta terus, slide & share yaa,” tulis Perencana Keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie dalam akun Instagram @pritaghozie, dilansir pada Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: 3 Tujuan Investasi Saham ala MNC Sekuritas yang Sesuai Kebutuhan

Dia membagikan tips investasi untuk gaji Rp5 juta dengan menggunakan teknik micro-investing.

Dia mengatakan kebiasaan mengatur keuangan dengan baik atau good money habit yang paling pertama sehingga berapa pun penghasilannya tetap bisa diatur.

“Salah satu cara terbaik adalah dengan micro-investing. Gimana pun, yang penting dimulai itu habitnya. Setelahnya, penghasilan kita naik, maka percayalah porsi investasi juga akan bertambah,” katanya.

Baca Juga: Tips Cerdas Wujudkan Resolusi Investasi, Simak IG Live MNC Asset Besok Rabu!

Cara atur keuangan yang mesti dilakukan di antaranya buat simulasi pengeluaran bulanan, jika tidak cukup dapat menambah side-hustle atau lemburan. Lalu, pengeluaran diatur secara mingguan menggunakan konsep Living-Saving-Playing dan mulai berinvestasi dengan teknik micro-investing.

Lantas, apa itu micro-investing?

Prita Hapsari menjelaskan micro-investing adalah suatu teknik berinvestasi dengan mengalokasikan dana-dana kecil, seperti Rp10 ribu dan Rp20 ribu.

“Duh #temanPrita, penghasilan bukan hanya berasal dari gaji lho, namun bisa dari sumber lainnya,” pungkas dia.

Sumber dana yang dimaksud bisa berasal dari tiga ini, pertama dialokasikan setiap hari tertentu misal setiap Senin, Rabu, Jumat. Kedua, dialokasikan dari uang sisa kembalian belanja. Ketiga, diambil dari celengan teknik HAPSARI (Hanya Perlu Selembar Aja sehaRI).

Sementara itu, investasi yang cocok dengan teknik micro-investing yaitu pilihannya seperti membeli reksa dana dan saham. Dimisalkan gaji yang Anda peroleh Rp5 juta/bulan.

Dia memberikan contoh investasi dalam sebulan bisa membuat perhitungan dengan cara yakni, pada pekan ke-1, membeli Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) selama 3 hari dengan nominal Rp10 ribu/perhari. Lalu, pekan ke-2 mengumpulkan uang selama 5 hari sebesar Rp10 ribu/perhari.

Kemudian, pekan ke-3 membeli saham SIDO selama 5 hari senilai Rp10 ribu/perhari dan di pekan ke-4 membeli Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) selama 3 hari dengan nominal Rp10 ribu/perhari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini