Share

Sri Mulyani Modali Menteri Basuki Bangun Jalan hingga Pelabuhan di Ibu Kota Baru

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 470 2534009 sri-mulyani-modali-menteri-basuki-bangun-jalan-hingga-pelabuhan-di-ibu-kota-baru-mbmrOVVRWg.jpg Proyek Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com/Instagram)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyiapkan anggaran pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Sri Mulyani mengatakan, ada lima tahapan proses pencairan ibu kota, di mana tahapan pertama pada 2022 hingga 2024.

"Tahun 2022 akan kita lihat kementerian ke depan itu adalah Kementerian PUPR dari lokasi dan anggaran itu dalam memulai pembangunan di sana," kata Sri Mulyani di Gedung DPR, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Anggaran Bangun Ibu Kota Baru, Bappenas Jamin Tak Rugikan Anak Cucu

Kata dia, anggaran yang akan diberikan pada Kementerian PUPR dalam membungun infrastruktur. Di antaranya membangun akses jalan dan pelabuhan dalam mendukung pemindahan ibu kota negara.

"Dari Kementerian PUPR itu akses dan jalan menjadi sangat penting dan alternatif lainnya yaitu pembangunan pelabuhan. Dan kita identifikasi wilayah dan kawasan pemerintahan dan kawasan inti pemerintahan tahun 2022 dan 2024 dan akan fokuskan desain pelaksanaan yang prioritas untuk berjalan," imbuhnya.

Baca Juga: Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru, Kepala Bappenas: Ini Simbol Negara

Dia menambahkan, anggaran ibu kota negara juga sudah didesain dalam menghadapi pandemi Covid-19. Serta, bisa menjadi momentum pemulihan ekonomi dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung pada tahun ini

"Kita memahami dalam situasi pandemi covid dan pemulihan ekonomi ini akan menjadi hal utama tertutama untuk monetum awal dan sekaligus pemulihan ekonomi dan kita desain juga di 2022," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini