Share

Ini Lokasi dan Penampakan Ibu Kota Negara Baru di Kaltim

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 470 2534164 ini-lokasi-dan-penampakan-ibu-kota-negara-baru-di-kaltim-HSH8dgfT7e.png Desain Istana di Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com/Nyoman Nuarta)

JAKARTA - Ibu kota Negara segera dipindah dari DKI Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ibu kota yang baru dengan nama Nusantara, memiliki luas 56.180 ha atau setara 561,8 Km2.

Luas tersebut memang sedikit lebih kecil dari ibu kota Jakarta yang memiliki luas 661,5 km2. Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan sebuah kabupaten yang ibu kotanya terletak di Penajam.

Baca Juga: Sri Mulyani Yakin Ibu Kota Baru Kurangi Kesenjangan di Luar Jawa

Mengutip data dari ikn.go.id, dibagian utara calon Ibu kota baru, akan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegaranegara. Sedangkan disebelah timur berbatasan Selat Makasar.

Selanjutnya di bagian selatan ibu kota baru berbatasan dengan kabupaten Paser. Kemudian sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Kutai Barat.

Baca Juga: Tak Disangka, Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru Sudah Diprediksi Sejak 2014

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan setelah UU IKN disahkan, semua perencanaan yang telah dilakukan siap untuk dijalankan.

Adapun perencanaan yang disiapkan meliputi Pembangunan drainase dan air baku di sekeliling daerah IKN, konektivitas jalur logistik serta jalan penghubung dari bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International Airport di Balikpapan menuju kawasan IKN.

"Terkait perencanaan terkait Sumberdaya air, perencanaan drainase dan air baku, kalau Dirjen Bina Marga menyiapkan konektivitas, jalan logistik dan akses menuju IKN, kami menyiapkan jalan tol dari Airport Balikpapan sepinggah ke IKN," ujar Danis Sumadilaga kepada MNC Portal, Selasa (18/1/2022).

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat DPR RI telah mengundangkan UU IKN melalui rapat paripurna yang telah dilangsungkan. Bahkan telah di beri nama Nusantara untuk Ibukota baru tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini