Share

Menpan RB Minta Seleksi CPNS 2021 Segera Dituntaskan

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 320 2534484 menpan-rb-minta-seleksi-cpns-2021-segera-dituntaskan-YCdUBM8fpL.jpg Menpan RB Minta Seleksi CPNS 2021 Segera Dituntaskan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Seleksi CPNS 2021 belum sepenuhnya selesai. Hal ini karena Seleksi PPPK Guru masih belum tuntas.

Di mana untuk seleksi PPPK Guru tahap 2 baru selesai. Sementara seleksi PPPK guru tahap 3 akan segera digelar.

Baca Juga: Mohon Maaf! Seleksi CPNS 2022 Ditiadakan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo, meminta agar seluruh tahap dalam Seleksi CASN 2021 dapat segera diselesaikan sebelum Seleksi CASN 2022 dimulai.

Selain itu, sembari menyiapkan Seleksi CASN 2022 dan menunggu Seleksi CASN 2021 selesai secara menyeluruh, pemerintah akan melakukan evaluasi. Dalam hal ini evaluasi seleksi CASN dan pembenahan model rekrutmen yang selama ini telah dijalankan secara menyeluruh.

Baca Juga: Rekrutmen Tenaga Honorer Dilarang, Tjahjo Siapkan Sanksi Pemda Nakal

“Evaluasi Seleksi CASN ini untuk memperbaiki kebijakan, sistem, dan pelaksanaan rekrutmen untuk ke depannya,” katanya dikutip dari siaran pers Humas KemenPANRB, Rabu (19/1/2022).

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo memastikan tidak akan ada rekrutmen CPNS tahun ini. Dia mengatakan, pada tahun ini pemerintah hanya akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Untuk Seleksi CASN Tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini, formasi untuk CPNS tidak tersedia. Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2022 ini,” jelas Tjahjo.

Dia mengatakan, bahwa kebijakan untuk merekrut PPPK ini berkaca dari kebijakan yang diimplementasikan oleh beberapa negara maju. Kebijakan tersebut adalah jumlah ASN yang jumlah civil servant atau pembuat kebijakan (PNS) lebih sedikit, dan jumlah government worker/public services (PPPK) lebih banyak.

“Mengacu kepada hal contoh baik tersebut, maka pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh berbagai negara maju sebagai langkah memodernisasi birokrasi secara cepat,” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini