Share

BRI (BBRI) Bakal Buyback Saham, Siapkan Rp3 Triliun

Anggie Ariesta, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 278 2536833 bri-bbri-bakal-buyback-saham-siapkan-rp3-triliun-2wzgjBIv4I.jpg BBRI bakal buyback saham (Foto: Antara)

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bakal melakukan pembelian kembali (buyback) saham. Perseroan menyiapkan dana sebesar-besarnya Rp3 triliun.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Senin (24/1/2022), buyback dilakukan melalui BEI, baik secara bertahap maupun sekaligus, dan diselesaikan paling lambat 18 bulan sejak tanggal Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun 2022.

Baca Juga: Dukung Kenyamanan Agen BRILink, BRI Sediakan Asuransi untuk Aktivitas Usaha Mitra

Buyback akan dilakukan setelah Perseroan mendapatkan persetujuan pemegang saham dalam RUPST yang diagendakan pada 1 Maret 2022 dan OJK. Selain itu, pelaksanaan Buyback melalui BEI akan memperhatikan kondisi likuiditas serta permodalan Perseroan dan peraturan yang berlaku.

Baca Juga: Isu Dana Bansos Rp2,7 Trilun Tertahan di Himbara, Ini Respon BRI!

"Buyback diyakini tidak mempengaruhi kondisi keuangan Perseroan. Modal kerja Perseroan, sampai dengan saat ini, memadai untuk membiayai kegiatan usaha," tulis manajemen BBRI.

Perkiraan jumlah nilai seluruh buyback sebesar-besarnya Rp3 triliun yang berasal dari kas internal perseroan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Perkiraan nilai buyback belum termasuk biaya komisi perantara pedagang efek lainnya, yang diperkirakan 0,33% dari perkiraan nilai buyback. Buyback saham BBRI diperkirakan pada periode 1 Maret 2022 – 31 Agustus 2023.

Adapun, saham hasil Buyback akan digunakan untuk program kepemilikan saham Pekerja dan/atau Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan. Alokasi saham hasil Buyback untuk program tersebut dirancang bertahap dimulai pada tahun 2022.

Diketahui, BBRI pada 2015 dan 2020 melaksanakan buyback dan hampir seluruh saham yang diperoleh dari Buyback telah dialihkan melalui program kepemilikan saham Pekerja.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini