Share

Perintah 6 Tahun Proyek Hilirisasi Batu Bara Akhirnya Dibangun, Jokowi: Kita Nyaman dengan Impor

Athika Rahma, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 320 2536738 perintah-6-tahun-proyek-hilirisasi-batu-bara-akhirnya-dibangun-jokowi-kita-nyaman-dengan-impor-JqfmKHJ0Xu.jpg Presiden Jokowi Grounbreaking Proyek Hilirisasi Batu Bara. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi Dimetil Eter (DME) di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Jokowi mengatakan, sudah berkali-kali menginstruksikan anak buahnya untuk merealisasikan proyek ini, namun baru dilakukan sekarang.

Baca Juga: Kaget Ada Industri Batu Bara di Kawasan Candi Muarajambi, Luhut: Izinnya Dicabut!

"Saya sudah berkali-kali menyampaikan hilirisasi, industrialisasi, pentingnya mengurangi impor ini sudah 6 tahun lalu saya perintah, tapi alhamdulillah hari ini meskipun dalam jangka yang panjang bisa dimulai," ujar Jokowi dalam tayangan video di kanal Sekretariat Presiden, Senin (24/1/2022).

Menurutnya, Indonesia terlalu lama berada di 'zona nyaman' impor sehingga tidak mau melakukan perubahan.

Baca Juga: Luhut Mau Buat BLU Batu Bara, Erick Thohir dan PLN Setuju?

"Memang kita ini sudah berpuluh-puluh tahun nyaman dengan impor, memang duduk di zona nyaman paling enak. Rutinitas terus impor, impor, nggak berfikir negara dirugikan, rakyat dirugikan karena tidak ada lapangan kerja," katanya.

Oleh karenanya, Jokowi mengumpulkan seluruh pihak terkait untuk memastikan proyek ini berjalan sesuai dengan rencana.

"Kalau ini dilakukan, ini saja di PT Bukit Asam bekerjasama dengan Pertamina dan Air Products, bisa kurangi subsidi APBN, perbaiki neraca dagang," kata Jokowi. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini