Share

Kantongi Investasi Foxconn, Bahlil: Kita Kejar 20 Tahun

Athika Rahma, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 320 2537660 kantongi-investasi-foxconn-bahlil-kita-kejar-20-tahun-EOw5LC1GGU.jpg Foxconn investasi industri kendaraan listrik di Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA โ€“ Indonesia resmi mengantongi investasi pabrikan ternama asal Taiwan, Foxconn. Adapun nilai investasi yang masuk sebesar Rp 113 triliun untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan, Indonesia sudah 'mengejar' produsen Apple ini selama 20 tahun.

Baca Juga: Menko Luhut ke Investor: Jangan Segan Menghubungi Saya jika Kesulitan Investasi

"Kemarin saya tanda tangan MoU dengan Foxconn, 20 tahun kita kejar mereka nggak masuk-masuk. Kemarin mau tanda tangan, dan akan masuk investasi Rp 113 triliun," ujar Bahlil dalam Indonesia Economic Outlook 2022 HIPMI, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: Investasi Proyek Hilirisasi Batu Bara Rp33 Triliun, Terbesar Kedua Setelah Freeport

Nantinya, Foxconn akan membangun pabrik mobil listrik, motor listrik hingga memindahkan sebagian pabrik sparepartnya ke Batam.

"Jadi dengan ini, ke depan Indonesia akan menjadi negara industri manufaktur terbesar di Asia Tenggara," ujar Bahlil.

Setelah Foxconn, Volkswagen dan BASF juga dipastikan akan berinvestasi mendukung mobil listrik ini di Indonesia. Menurutnya, dirinya sudah berdiskusi dengan dua perusahaan tersebut setelah berkunjung ke Eropa.

Adapun, Februari mendatang, pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang akan segera beroperasi. "Kita sudah groundbreaking untuk produksi 10 GWh dengan nilai investasi USD 1,2 miliar. Tahun ini kita akan bangun precusor dan cathode-nya di Batang," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini