Share

Pensiunan PNS Bisa Dapat Rp1 Miliar dari Skema Fully Funded, Berikut Penjelasannya

Ahmad Hudayanto, Okezone · Rabu 02 Februari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 320 2541099 pensiunan-pns-bisa-dapat-rp1-miliar-dari-skema-fully-funded-berikut-penjelasannya-eXhK1DOwxV.jpg Pensiunan PNS Bisa Dapat Rp1 Miliar (Foto: Setkab)

JAKARTA – Dana pensiun akan gunakan skema fully faunded, yang mana PNS bisa mendapatkan Rp700 juta hingga Rp1 miliar saat pensiun.

Namun, perubahan ke skema fully faunded belum dipastikan kapan. Dan saat ini masih menggunakan skema pay as you go.

Kendati demikian, pada Maret 2021 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo telah berdiskusi dengan PT Taspen mengenai tunjangan pensiun tersebut.

“Kami dengan Taspen juga sudah diskusi. Bagaimana kalau pensiunan ASN itu nanti dapat tunjangan Taspennya mencapai Rp1 miliar misalnya. Ya dihitung-hitung bisa kalau sejak awal bisa kita pertimbangkan dengan baik,” katanya.

Adapun dengan skema pay as you go maksudnya tunjangan masa pensiun PNS dibayar dari APBN. Dengan skema itu juga gaji PNS Selama masih aktif juga dipotong untuk sebesar 10% yang terbagi untuk jaminan kesehatan, tabungan hari tua dan gaji pensiunan sebesar 4,75%.

Dan skema tersebut dinilai tidak efektif karena APBN mengalami pembekakan setiap tahunnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Sedangkan dana pensiun dengan skama fully faunded berasal penuh dari iuran pemerintah dengan PNS bersangkutan. Besaran iuran tersebut telah disarankan pada gaji PNS tiap bulannya.

Dari skema tersebut PNS bisa bebas menentukan besarannya dan tidak memberatkan anggaran dari pemerintah.

Baca Selengkapnya: Penjelasan Skema Fully Funded yang Bikin Pensiunan PNS Dapat Rp1 Miliar

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini