Share

Fenomena Panic Buying Minyak Goreng, Wamendag Bilang Begini

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Rabu 02 Februari 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 320 2541238 bukti-panic-buying-anggota-keluarga-dibawa-borong-beli-minyak-goreng-murah-AiALpDezI1.jpg Minyak goreng Murah Langka di Pasar. (Foto: Okezone.com/Avirista)

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, pemerintah menjamin ketersediaan minyak goreng untuk dapat di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, dirinya meminta masyarakat dapat bijaksana dalam membeli minyak goreng alias tak perlu panic buying.

Pasalnya, yang terjadi di lapangan, masih ada masyarakat membeli dalam jumlah banyak atau melebihi ketentuan dengan trik membawa anggota keluarga. Jika hal ini terus dilakukan, penyebaran minyak goreng menjadi tidak rata. Sementara banyak orang yang membutuhkan.

Baca Juga: Polemik Minyak Goreng hingga Lutfi Pusing Jadi Menteri Perdagangan

"Masyarakat tidak perlu panic buying karena pemerintah menjamin ketersediaan minyak goreng. Pemerintah berharap fenomena kelangkaan minyak goreng di berbagai peritel tidak terjadi lagi," tegas Wamendag, Rabu (2/2/2022).

Wamendag pun mengapresiasi jaringan Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) dan distributor pasar rakyat karena sudah mendukung kebijakan minyak goreng harga terjangkau bagi masyarakat.

Baca Juga: Ikuti Arahan Pemerintah, Pedagang Dilema Harus Jual Minyak Goreng Murah

“Dukungan Aprindo sangat luar biasa. Mereka menggerakkan seluruh anggota untuk mendukung pemerintah. Apresiasi juga kami sampaikan kepada distributor yang memiliki peran penting terkait dengan jangkauan pemasaran di seluruh wilayah Indonesia," tutur Wamendag.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Jerry berharap, distributor dan peritel dapat terus mematuhi dan mendukung sepenuhnya dengan menyuplai minyak goreng kepada masyarakat sesuai kualifikasi dan harga yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, Wamendag bersama Aprindo melakukan telah mengadakan pasar murah di Pasar Raya I Salatiga, Jawa Tengah pada Sabtu (29/1/2022) lalu.

Sebanyak 1.420 liter minyak goreng dijual di pasar murah tersebut dengan harga Rp14.000/liter. Selain migor, pasar murah juga menjual paket barang kebutuhan pokok (bapok).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini