Share

Resmi IPO, Ini Target Nusatama Berkah (NTBK)

Anggie Ariesta, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 278 2544461 resmi-ipo-ini-target-nusatama-berkah-ntbk-2hJsEr4MEX.jpg IPO Nusatama Berkah di BEI. (Foto: Okezone.com/Nusatama Berkah)

JAKARTA - PT Nusatama Berkah Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini. Emiten dengan kode saham NTBK melepas 700 juta lembar saham atau sekitar 25,93% dari modal ditempatkan dan disetor penuh, dengan harga Rp100 per lembar sahamnya.

Dana yang terhimpun dari masyarakat melalui Penawaran Umum ini adalah senilai Rp70 miliar dan akan digunakan oleh PT Nusatama Berkah Tbk untuk meningkatkan performa perusahaan, antara lain untuk modal kerja, pembelian mesin dan perluasan area produksi. Rencana tersebut diharapkan untuk mendorong kinerja perusahaan dan meningkatkan penjualan Nusatama Special Vehicle.

Baca Juga: IPO Hari Ini, Nusatama Berkah Lepas 700 Juta Saham

Presiden Direktur Nusatama Berkah, Bambang Susilo mengatakan, bahwa dengan IPO ini perseroan berharap menjadi perusahaan manufaktur kendaraan khusus terbaik di Indonesia serta menjadi bagian dari kemajuan perindustrian nasional.

"Melalui kesempatan ini, kami ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat menjadi bagian dari perjalanan kami untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan struktur pemodalan yang kuat dan dukungan oleh publik, PT Nusatama Berkah Tbk siap menjadi salah satu perusahaan kebanggaan Indonesia,” ujar Bambang dalam keterangan resminya, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga: Resmi IPO, Champ Resto (ENAK) Gunakan Dana Rp141 Miliar untuk Belanja Modal

NTBK nantinya akan terus meningkatkan kinerja perusahaan dengan berpegang pada slogan perusahaan. Dengan kualitas tinggi dari produk yang dihasilkan, maka kepercayaan pelanggan terhadap Nusatama Berkah akan selalu terjaga dengan baik.

Siap untuk menjadi bagian dari misi transformasi industrialisasi nasional sebagai cita-cita kemajuan Bangsa Indonesia melalui produk Nusatama Special Vehicle serta semboyan ”Delivering Quality”, Nusatama Berkah hadir di bidang industri manufaktur kendaraan khusus terutama kendaraan truk atau kendaraan komersial yang digunakan di bidang hulu dan hilir migas, pertambangan serta industri komersial. Sesuai dengan slogannya, sejak berdiri dari 12 tahun yang lalu, Nusatama selalu dipercaya oleh pelanggan untuk dapat memberikan produk dengan kualitas terbaik.

Nusatama Special Vehicle didirikan pada tahun 2009 oleh Bambang Susilo dan Ismu Prasetyo. Keduanya merupakan lulusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung yang telah berkecimpung di industri manufaktur kendaraan khusus sejak tahun 1989.

Dimulai dari pembuatan dump truck sederhana dan sarana kendaraan pendukung untuk pabrikan lainnya, hingga pada tahun 2009, keduanya memutuskan untuk mendirikan PT Nusatama Berkah yang berfokus pada kendaraan-kendaraan khusus yang menggunakan teknologi terbaru dengan rekayasa teknik yang tinggi.

Nusatama Special Vehicle kini terus berinovasi mengembangkan produk-produk baru seperti trailer side dump berkapasitas hingga 120m3, trailer high bed dan low bed, fuel truck, lube service truck, concrete mixer dengan teknologi powder coating, logging pole trailer untuk angkutan kayu hingga 60 ton, truck crane untuk mengangkat barang dan industri, trailer untuk mengangkut container, self loader untuk mengangkut alat berat, dan produk-produk high- engineering lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Bersamaan dengan penawaran saham perdana kepada masyarakat, PT Nusatama Berkah Tbk juga menerbitkan waran sebanyak 700 juta lembar. Bagi masyarakat yang berinvestasi melalui Penawaran Umum perdana Saham NTBK, mereka berhak untuk mendapatkan waran tersebut dengan rasio 1:1, dimana 1 saham baru yang dibeli akan disertai dengan 1 waran. Rencananya, PT Nusatama Berkah Tbk akan menggunakan dana yang tehimpun dari pelaksanaan waran untuk modal kerja.

Dalam rangka proses IPO ini, PT Nusatama Berkah Tbk telah menunjuk PT Danatama Makmur Sekuritas dan PT Surya Fajar Sekuritas sebagai lead underwriter atau penjamin pelaksana emisi efek.

Terlihat antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat terkait dengan melantainya NTBK di Bursa Efek Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari terjadi oversubscribed lebih dari 90x pada penawaran umum yang telah dilakukan pada tanggal 2 - 7 Februari 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini