Share

Resmi IPO, Champ Resto (ENAK) Gunakan Dana Rp141 Miliar untuk Belanja Modal

Anggie Ariesta, Jurnalis · Selasa 08 Februari 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 278 2543875 resmi-ipo-champ-resto-enak-gunakan-dana-rp141-miliar-untuk-belanja-modal-25dYQMyJQZ.jpg IPO Champ Resto di BEI. (Foto: Okezone.com/Champ Resto)

JAKARTA - PT Champ Resto Indonesia Tbk resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini. Champ menjadi perusahaan tercatat ke-6 di BEI pada tahun 2022.

Diperdagangkan dengan kode saham ENAK, pemilik outlet Gokana, Raa Cha, Monsieur Spoon, BMK, Platinum, dan Chopstix, melepas sebanyak 433.333.400 saham atau setara dengan 20,00% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh.

Rinciannya, 166.666.800 saham baru dan 266.666.600 saham divestasi milik Barokah Melayu Foods Pte. Ltd, yang seluruhnya ditawarkan dengan harga penawaran sebesar Rp850 per sahamnya.

Baca Juga: Champ (ENAK) IPO, Cek Profil Emiten Baru BEI

"Sehingga total dana hasil IPO yang diperoleh ENAK adalah sebesar Rp368,3 miliar, yang terdiri dari Rp141,7 miliar dari hasil Penawaran Umum Saham Baru dan sebesar Rp226,6 miliar dari Penawaran Umum Saham Divestasi," tulis Corporate Secretary ENAK, Selasa (8/2/2022).

Champ Resto akan menerima dana hasil dari Penawaran Umum Saham Baru setelah dikurangi seluruh biaya-biaya emisi saham baru, yang akan dipergunakan untuk pembayaran sebagian utang Perseroan kepada PT Bank CIMB Niaga Tbk dan pemegang saham Perseroan sekitar 56%.

Baca Juga: 15 Startup Unicorn dan Centaur Minat IPO di BEI

Selanjutnya dana hasil IPO akan digunakan untuk belanja modal berupa renovasi (fit out) baik untuk outlet baru maupun outlet eksisting dan juga untuk belanja modal dalam rangka meningkatkan Dapur Utama Perseroan dan sarana penunjang lainnya sekitar 19%. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan untuk mendukung untuk mendukung kegiatan usaha Perseroan.

Selama masa penawaran umum yang berlangsung pada tanggal 2 – 4 Februari 2022, saham ENAK banyak diminati oleh masyarakat dengan adanya kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 4.29 kali dari porsi penjatahan terpusat (pooling) yang ditawarkan kepada masyarakat.

Champ Resto Indonesia merupakan platform food & beverage yang berfokus pada segmen casual dining yang bertumbuh pesat di Indonesia. Perseroan memiliki formula bisnis yang telah terbukti yang mengutamakan konsep value for money yaitu makanan berkualitas dengan harga yang terjangkau (affordable) dan platform yang highly scalable dan efisien untuk ekspansi dengan cepat dan mudah.

Dengan menyandang status sebagai perusahaan terbuka, Champ Resto diharapkan akan selalu menerapkan prinsip good corporate governance dalam setiap langkah yang diambil. Perseroan juga dapat memanfaatkan kesempatan untuk berkembang dan tumbuh menjadi lebih besar yang tentunya dengan dukungan masyarakat sebagai salah satu pemegang saham Perseroan.

Meskipun kondisi perekonomian nasional yang belum pulih total sebagai akibat pandemi COVID-19, Champ Resto tetap optimis bahwa bisnis food & beverage tetap akan tumbuh dan menjadi primadona di masa yang akan datang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini