Share

Champ (ENAK) IPO, Cek Profil Emiten Baru BEI

Anggie Ariesta, Jurnalis · Selasa 08 Februari 2022 07:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 278 2543813 champ-enak-ipo-cek-profil-emiten-baru-bei-XxRsATImPd.jpg IPO Champ Resto di BEI. (Foto: Okezone.com/IDX Channel)

JAKARTA - PT Champ Resto Indonesia Tbk melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) hari ini. Calon emiten dengan kode saham ENAK ini akan menjadi perusahaan tercatat ke-6 di BEI pada tahun 2022 ini.

Mengutip laman e-IPO, Selasa (8/2022), Champ Resto Indonesia merupakan platform food & beverage yang berfokus pada segmen fast casual dining yang bertumbuh pesat di Indonesia.

Perseroan memiliki formula bisnis yang telah terbukti yang mengutamakan konsep value for money yaitu makanan berkualitas dengan harga yang terjangkau (affordability) dan skalabilitas yaitu platform yang tepat dan efisien untuk ekspansi dengan cepat dan mudah.

Baca Juga: 15 Startup Unicorn dan Centaur Minat IPO di BEI

Dengan target konsumen kelas menengah bawah, portofolio merek yang dimiliki sendiri dari berbagai tipe makanan populer, serta biaya yang efektif dan tidak bergantung terhadap juru masak khusus.

Masing-masing merek restoran Perseroan menawarkan hidangan yang berbeda namun tetap dalam filosofi yang sama yaitu menyajikan makanan dan layanan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Champ Resto Patok Harga Saham Rp850

Per tanggal 15 Januari 2022, Perseroan mengoperasikan 273 outlet yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi. Sekitar 88% dari total outlet Perseroan saat ini berada di Pulau Jawa. Sejak tahun 2017, Perseroan mengembangkan outlet Gokana dan Raa Cha di luar Jabodetabek dan Jawa Barat.

IPO, setiap saham ENAK ditawarkan dengan harga Rp 850, dan jumlah seluruh nilai penawaran umum perdana saham ini mencapai Rp 368,33 miliar.

Adapun rinciannya, sebanyak Rp 141,66 miliar dari penawaran umum saham baru dan sebanyak Rp 226,66 miliar dari penawaran umum saham divestasi.

ENAK menawarkan 433,22 juta saham biasa atas nama atau sebanyak 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Sebanyak 166,66 juta merupakan saham biasa atas nama yang merupakan saham baru dan 266,66 juta saham biasa atas nama milik Barokah Melayu Foods Pte. Ltd. sebagai pemegang saham penjual.

Dalam menggelar IPO ini, ENAK menggandeng PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini