Share

Raup Cuan dari Ikan Louhan di Tengah Pandemi Covid-19

Feby Novalius, Okezone · Kamis 17 Februari 2022 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 320 2549003 raup-cuan-dari-ikan-louhan-di-tengah-pandemi-covid-19-xNFb2yIZ0m.jpeg KKP Dorong Minat Memelihara Ikan Hias Louhan. (Foto: Okezone.com/KKP)

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong perekonomian dengan menciptakan pelaku usaha baru melalui upaya memelihara ikan di rumah. Salah satu jenis ikan yang didorong adalah Louhan.

Louhan adalah ikan hias dengan ciri punuk berdaging di bagian kepala ini kerap dianggap sebagai lambang kekayaan dan kemakmuran. Ikan jenis ini menjadi salah satu favorit ikan hias di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Presiden Jokowi Siap Bermitra Wujudkan Ekosistem Laut Berkelanjutan, Siapa Minat?

Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) pun menggelar kontes ikan louhan di Raiser Ikan Hias Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

"Kontes ikan hias Louhan merupakan salah satu media promosi dan publikasi yang efektif di tengah pandemi Covid-19 untuk meningkatkan peminat ikan hias," terang Direktur Jenderal PDSPKP, Artati Widiarti di Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Laut yang Sehat Kunci Keberlanjutan Pembangunan Indonesia

Melalui kegiatan ini, Artati ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa sektor kelautan dan perikanan, khususnya ikan hias, bisa diakses oleh siapapun. Tak terkecuali warga yang tinggal di perkotaan atau bahkan di perkampungan lantaran perawatannya bisa dilakukan pada kolam di dalam rumah.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Harapannya, dengan bertambahnya peminat ikan hias khususnya ikan hias Louhan, dapat turut menumbuhkembangkan pelaku usaha baru yang berdampak pada peningkatan perekonomian di tengah masyarakat kita," sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono turut mendorong tumbuhnya industri ikan hias di dalam negeri. Menurutnya penting dilakukan adalah dengan menggelar pameran ikan hias sebagai ajang promosi dan edukasi, pameran berskala besar akan melahirkan kegiatan ekonomi baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini