Share

Rusia Serang Ukraina, Investor Pasar Modal Harus Ngapain?

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 278 2552465 rusia-serang-ukraina-investor-pasar-modal-harus-ngapain-ciVBjbwe34.jpg Pergerakan IHSG (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Perang Rusia-Ukraina telah dimulai. Rusia menyerang wilayah Ukraina dan dampaknya terasa hingga ke pasar keuangan global, termasuk kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Lalu investor pasar modal harus melakukan apa?

Menurut Equity Analyst Kanaka Hita Solvera (KHS) Andhika Cipta Labora, investor pasar modal sebaiknya menghindari saham-saham yang memiliki market cap besar yang bisa menjadi penekan indeks.

"Lalu juga para pelaku pasar bisa mencermati saham-saham di sektor komoditas, karena dengan adanya perang akan menaikan harga komoditas," kata Andhika dalam risetnya, Jakarta, Kamis (24/2/2022).

 

Baca Juga: Perang Rusia Vs Ukraina! Rupiah Terkapar, IHSG Anjlok 2%

Andhika menjelaskan, pelemahan IHSG pada perdagangan hari ini juga disebabkan dimulainya serangan Rusia ke Ukraina.

"Melemahnya IHSG dan mayoritas indeks asia pada hari ini karena disebabkan oleh memanasnya hubungan Rusia dan Ukraina yang membuat para pelaku pasar menjadi khawatir," katanya.

Kendati demikian, dia menilai kondisi geopolitik Rusia-Ukraina terhadap pasar modal Indonesia tidak terlalu signifikan.

"Menurut kami kondisi geopolitik Rusia dan Ukraina yang memanas tidak akan berdampak signifikan terhadap pasar modal Indonesia, justru dari segi fundamental kami menilai bahwa terjadinya perang dapat membawa kontribusi positif bagi Indonesia, karena Indonesia merupakan penghasil komoditas terbesar di dunia," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini