Share

Nasihat Berharga Warren Buffett soal Dunia Kerja, Pekerja Wajib Renungkan!

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 455 2555293 nasihat-berharga-warren-buffett-soal-dunia-kerja-pekerja-wajib-renungkan-c22mM9WmgG.jpg Nasihat Warren Buffet. (Foto: Forbes)

JAKARTA – CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett memberikan nasihat berharga yakni ‘carilah kepuasan pribadi daripada keuntungan murni’.

Itu berarti mengejar pekerjaan yang benar-benar dinikmati, di tempat kerja dengan orang-orang berbakat yang anda kagumi secara aktif, tulis Buffett pada hari Sabtu dalam surat tahunannya kepada pemegang saham.

Akan tetapi, dia menyarankan para pencari kerja harus mencari pekerjaan di lapangan, di mana mereka akan memilih jika mereka tidak membutuhkan uang.

 BACA JUGA:Serikat Pekerja Mogok Kerja, Warren Buffett Tak Ikut Campur

“Saya akui realitas ekonomi dapat mengganggu pencarian semacam itu,” kata Buffett seperti dilansir dari CNBC, Rabu (2/3/2022).

“Meski begitu, saya mengimbau para siswa untuk tidak pernah menyerah dalam pencarian, karena ketika mereka menemukan pekerjaan semacam itu, mereka tidak akan lagi ‘bekerja’,” lanjutnya.

Miliarder berusia 91 tahun dan orang terkaya kelima di dunia dengan kekayaan bersih USD114,7 miliar atau setara Rp1.640 triliun (kurs Rp14.300 per USD), menurut Forbes ini berbicara dari pengalaman pribadi.

Dalam suratnya, Buffett menulis bahwa dia dan mitra bisnisnya Charlie Munger selaku wakil ketua Berkshire, keduanya memulai sebagai pekerja paruh waktu di toko kelontong kakeknya pada awal 1940-an.

 BACA JUGA:Pulih dari Pandemi, Perusahaan Milik Miliarder Warren Buffett Untung Besar

Di mana mereka mendapat tugas yang membosankan dan hanya dibayar sedikit.

“Kepuasan kerja terus menghindari mereka”, tulis Buffett, bahkan ketika mereka masing-masing bercabang menjual sekuritas dan hukum.

Itu berubah ketika keduanya menemukan apa yang mereka disukai di Berkshire, yang dibeli Buffett pada tahun 1965, memaksa manajemen perusahaan sebelumnya keluar.

Pada saat itu, Berkshire adalah perusahaan tekstil yang sedang berjuang.

Saat ini, ini adalah perusahaan investasi dan induk yang memiliki atau memegang saham jangka panjang dalam bisnis seperti Geico, Fruit of the Loom, American Express, dan Coca-Cola. Ini memiliki kapitalisasi pasar USD708.61 miliar, pada Selasa (1/3) pagi.

Kekayaan Buffett sebagian besar bersumber dari kesuksesan finansial Berkshire dalam beberapa dekade terakhir.

Dalam suratnya, Buffett sebagian mengaitkan kesuksesan itu dengan menemukan orang-orang yang dia dan Munger senang bekerja dengannya.

"Kami mempekerjakan orang-orang yang layak dan berbakat - tidak brengsek," tulis Buffett.

“Perputaran rata-rata, mungkin, satu orang per tahun,” tambahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini