Share

Puncak Macet Total, Bisakah Kereta Gantung Atasi Masalah Itu?

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Rabu 02 Maret 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 470 2555151 puncak-macet-total-bisakah-kereta-gantung-atasi-masalah-itu-iDATzN44eW.jpg Ilustrasi macet di Puncak. (Foto: Okezone)

JAKARTA — Pengamat Transportasi Djoko Setidjowarno menilai wacana atas pembangunan cable car atau kereta gantung gondola menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat belum efektif untuk diterapkan saat ini.

Sebelumnya, Menteri Parekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno mengusulkan untuk bangun kereta gantung guna mengatasi kemacetan di Puncak.

Namun, menurut Djoko, seharusnya pemerintah pusat dan daerah bersinergi untuk menertibkan terlebih dahulu sejumlah akses kendaraan.

Di mana hal itu mulai dari kendaraan umum atau pribadi yang melintas dari berbagai daerah ke kawasan Puncak.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

“Saya fikir ini harus di mulai dari hal yang sederhana terkecil dulu, ditertibkan dulu kendaraan yang keluar masuk jalurnya lewat darat, tertibkan kendaraan umum dan pribadinya, diuji coba dulu, dikaji terlebih dahulu, karena biayanya kalau bangun itu (kereta gantung) tidak sedikit,” kata Pengamat Transportasi Djoko Setidjowarno saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (2/3/2022).

Tak hanya itu, Djoko menyampaikan untuk memperhartikan juga dari sisi kepentingan sejumlah kalangan.

 BACA JUGA:Puncak Macet Akibat Mobilitas Warga Meningkat, Apa Kata Satgas Covid-19?

Karena dalam kemacetan itu bisa jadi ada keuntungan ekonomi untuk beberapa kalangan.

“Kan sekarang masalahnya macet, susah terurai tapi sebenarnya ada yang diuntungkan. Saat macet ada penjual atau tukang parkir," ucapnya.

Djoko pun menanggapi kembali soal pembuatan jalur layang yang dapat membuat tranportasi yang ramah lingkungan.

Baginya, transportasi layang ini dapat memakan biaya yang tak sedikit.

“Kita lihat kondisinya, sederhana dulu lah dari penertiban kendaraan umumnya masih respons atau tidak, penyediaan kendaraan yang di darat jalurnya bagaimana, karena biayanya juga kan pasti besar. pemdanya mau atau tidak, investor nya mau atau tidak,” jelasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini