Share

Profil dan Biodata Mahendra Siregar, Eks Wamenkeu Jadi Calon Bos OJK

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 320 2557577 profil-dan-biodata-mahendra-siregar-eks-wamenkeu-jadi-calon-bos-ojk-KlEJ6u5ekA.jpg Mahendra Siregar (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Keuangan sekaligus Ketua Pansel (Panitia Seleksi) calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Sri Mulyani telah mengumumkan Mahendra Siregar sebagai calon ketua DK OJK periode 2022-2027.

Mahendra Siregar sendiri memiliki background pendidikan ekonomi. Track recordnya dalam pemerintahan untuk mengurus perekonomian sudah cukup banyak.

Lulusan dari Fakultas Ekonomi Universita Indonesia, pada tahun 2021 Mahendra Siregar sempat bergabung dengan Kementerian Koordinator Perekonomian. Disana Mahendar menjabat sebagai Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian kala itu, Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.

Pria kelahiran bandung 17 Oktober 1962 itu makin dikenal setelah menduduki jabatan sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional.

Tidak tanggung-tanggung, lulusan S2 Monash University itu menjabat tugas yang sama pada 3 era Menko Perekonomian yakni, Aburizal bakrie, Boediono, dan Sri Mulyani Indrawati.

Selanjutnya pada November 2009 Mahendra juga sempat di tunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhono untuk menempati posisi sebagai wakil Menteri Perdagangan mendampingi Menteri Mari Elka Pangestu.

Dua tahun bersama Kementerian Perdagangan Mahendra kembali di tunjuk untuk mengisi jabatan pada posisi wakil Menteri Keuangan pada tahun 2011.

Sebagai menteri Keuangan Mahendra mendampingi Menteri Agus Martowardojo. Keahliannya berdiplomasi, bernegosiasi, dan memiliki jaringan internasional disebut-sebut menjadi alasan Presiden SBY menunjuk Mahendra kembali berada di lingkup pemerintahan.

Setelah menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan, pada Oktober 2013 Mahendra kembali dipercaya mengisi jabatan sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Pada sektor perbankan Mahendra sempat menempati jabatan sebagai Direktur Utama pada Indonesia Eximbank. Selain itu dirinya juga sempat menjabat sebagai komisaris di beberapa perusahaan, diantaranya adalah PT Dirgantara Indonesia dan PT Aneka Tambang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini