Share

Telkom Indonesia (TLKM) Ungkap Pentingnya Perkembangan Jaringan 5G

Anggie Ariesta, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2022 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 320 2561771 telkom-indonesia-tlkm-ungkap-pentingnya-perkembangan-jaringan-5g-3QRnliTNOM.jpg Telkom Indonesia ungkap pentingnya perkembangan jaringan 5G. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) terus melakukan langkah strategis dalam rangka percepatan pembentukan ekosistem digital di Indonesia dengan perkembangan jaringan 5G.

Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya mengatakan, seperti yang kita ketahui 5G akan menjadi generasi selanjutnya dalam teknologi telekomunikasi.

Maka itu sangat penting untuk Telkom menjaga jejaknya di jaringan 5G.

"Kami sangat paham bahwa untuk menyiapkan 5G tidak hanya frekuensi tapi juga lingkungan di sekitar 5G untuk verifikasi. Maka itu, satu hal yang disiapkan Mitratel adalah bagaimana menyiapkan tower yang juga bekerja sama dengan area industri seperti itu," ujar Budi dalam MNC Group Investor Forum 2022, Selasa (15/3/2022).

 BACA JUGA:Keren, Robot Bartender 5G Ini Mampu Racik Beragam Minuman

Menurut Budi, yang terpenting dari pasar 5G adalah yang pertama pelanggan, kedua adalah enterprise market.

Sebab enterprise market ada di area industri untuk menjangkau dengan 5G.

"Pelanggan kami jelas ingin sesuai dengan frekuensi, karena frekuensi sebelumnya tidak provide pelanggan, thats why kami menggandeng Kominfo untuk menyediakan frekuensi yang lebih baik untuk pelanggan," katanya.

Dengan demikian, Budi menegaskan, bahwa akan membawa 5G menjadi salah satu prioritas untuk perkembangan kedepannya.

Sebelumnya, Telkom, Telkomsel dan dan anak usaha PT Jababeka Tbk, yakni PT Jababeka Infrastruktur (Jababeka) menjalin kolaborasi strategis untuk pengembangan teknologi 5G di Kawasan Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

 BACA JUGA:Peluncuran Jaringan 5G XL Axiata Alami Kendala, Apa itu?

Dalam kolaborasi ini, Telkom dan Telkomsel akan membangun jaringan 5G di kawasan pilot Jababeka sebagai langkah awal untuk melangsungkan trial use case 5G.

Lebih jauh, pengembangan teknologi 5G ini merupakan upaya bersama dalam mewujudkan transformasi digital bagi Kawasan Jababeka sebagai peta jalan menuju Jababeka Digitalized Township Ecosystem.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini