Share

Jangan Panik dan Nimbun, Stok Ikan di RI Melimpah! Tak Mungkin Langka

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 320 2563764 jangan-panik-dan-nimbun-stok-ikan-di-ri-melimpah-tak-mungkin-langka-zlPSK2lF6e.jpg Stok ikan melimpah (Foto: Antara)

JAKARTA – Stok ikan dipastikan melimpah selama Ramadan. Hal ini dipastikan PT Perikanan Indonesia yang menyebut suplai ikan konsumsi harian rumah tangga aman menjelang bulan Ramadhan 2022.

Produk hasil laut merupakan substitusi atau pengganti dari komoditas daging dan unggas yang turut diburu menjelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri tahun ini. Sebagai pengelola Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta, PT Perikanan Indonesia memastikan suplai ikan mampu mencukupi permintaan yang melonjak mendekati puasa. Sebanyak 757 lapak ikan dan 382 pedagang ikan di Pasar Ikan Modern siap untuk menyuplai kebutuhan masyarakat.

Direktur Utama Perikanan Indonesia Sigit Muhartono mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir hingga menimbun produk perikanan sebelum Ramadhan. Hal ini dikhawatirkan menyebabkan kelangkaan pada ikan jenis tertentu.

“Masyarakat tidak perlu panik terkait suplai dan harga ikan jelang Ramadhan. Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta memiliki 757 lapak basah atau lapak yang menjual ikan segar setiap harinya,” katanya, Jumat (18/3/2022).

Sigit mengungkapkan Perikanan Indonesia terus berupaya meningkatkan penangkapan ikan melalui tiga cara yakni menyerap hasil tangkapan para nelayan (off take), menangkap ikan dengan kapal milik sendiri dan menangkap ikan bekerja sama dengan pemilik kapal besar.

Total produksi tangkapan ikan PT Perikanan Indonesia pada kuartal I/2022 (data hingga 10 Maret 2022) sebanyak 1.609,6 Ton. Adapun rinciannya produksi pada Januari sebesar 660,5 Ton, Februari 750,2 ton dan awal Maret sebanyak 208,7 Ton.

Tangkapan ikan berasal dari beberapa kantor cabang PT Perikanan Indonesia yang merupakan lumbung ikan perusahaan. Tangkapan ikan berasal dari beberapa daerah di antaranya di Jakarta, Belawan, Padang, Pekalongan, Tegal, Brondong, Surabaya, Pemangkat, Benoa, Makassar, Ambon, Bitung, Bacan, Sorong dan Gorontalo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini