Share

5 Fakta Jokowi Kemah di IKN Nusantara Bareng Para Menteri, Nomor 2 Tak Disangka-sangka

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Sabtu 19 Maret 2022 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 470 2564036 5-fakta-jokowi-kemah-di-ikn-nusantara-bareng-para-menteri-nomor-2-tak-disangka-sangka-77HlSgAH4Y.jpg Presiden Jokowi Kemah di IKN Nusantara (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Kabinet Indonesia Maju menemani Presiden Joko widodo (Jokowi) telah berkemah di Ibu Kota Negata (IKN) baru atau Nusantara. Menteri BUMN Erick Thohir ikut berkemah di IKN Nusantara.

Selain Menteri BUMN Erick Thohir, ada Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Bappenas Suharso Manoarfa hingga Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono turut menemani Kepala Negara berkemah di IKN.

Berikut fakta-fakta kemah Presiden Jokowi bersama para Menteri Kabinet yang telah dirangkum Okezone, Sabtu (19/3/2022):

1. Kegiatan Lanjutan

Erick menjelaskan perkemahan merupakan kegiatan lanjutan Jokowi setelah Senin pagi tadi Presiden melakukan proses penggabungan tanah dan air dari 34 Provinsi di Kawasan Titik Nol Kilometer IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Kegiatan ini sebagai simbol kebinekaan NKRI.

Setelah prosesi tersebut, Presiden dan jajarannya melanjutkan kegiatan berupa penanaman pohon bersama. Selanjutnya, rombongan melakukan room tour melihat persiapan teknis perkemahan yang dilakukan malam ini

"Saya dan rekan-rekan Menteri juga melakukan room tour tipis-tipis, melihat tenda yang akan kami tidur malam ini," ungkap Erick.

2. Kepala Bappenas Ungkap Isi Tenda

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan isi kemah rombongan Presiden Jokowi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Pada unggahannya, Suharso merekam kondisi tenda yang menjadi kamar pribadinya. Terlihat sederhana namun mewah, tenda yang ditempati Menteri Suharso hanya berisikan satu buah kasur besarta bantal gulingnya.

"Ini tempat tidur saya, ternyata ada listrik, kan keren kan, ada lampu juga, ada kipas angin," kata Suharso dalam unggahannya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Terlihat Mewah

Acara perkemahan tersebut tetap terlihat mewah dan berkelas meski di gelar di tengah hutan lahan terbuka, hal tersebut bisa dilihat dari beberapa parsel buah yang berada di meja Suharso. Buah-buahan tersebut terletak rapih di atas meja yang berada di depan tenda Suharso.

Selain itu tenda milik para pejabat itu juga tidak berdiri diatas tanah, melainkan dialasi papan sehingga kondisi ruang di dalam tenda tetap rata dan tidak ada gumpalan tanah akar pohon yang timbul ke dalam tenda.

4. Jalan Setapak

Di samping itu juga terlihat jalan setapak yang sudah dilakukan pengecoran sebelumnya sehingga memudahkan dan membuat nyaman para pejabat negara itu melakukan mobilitasnya.

Selain memperlihatkan tendanya, Suharso juga menggambarkan suasana tempat camping yang nantinya bakal dibangun gedung-gedung pusat pemerintahan baru.

5. Menteri Basuki Masih Kerja

Berbeda dengan sejumlah menteri lainnya yang turut ikut Presiden Jokowi menikmati malam, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ternyata masih mengenakan pakaian kerja.

"Pak Basuki malam-malam masih bekerja," kata Presiden disambut gelak tawa ringan dari sejumlah menteri lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini