Share

Peta Jalan Motor Listrik RI Tengah Disusun, seperti Apa Konsepnya?

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 320 2565122 peta-jalan-motor-listrik-ri-tengah-disusun-seperti-apa-konsepnya-wyRda4du8t.jpg Peta jalan motor listrik tengah disusun. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan saat ini pemerintah terus fokus mendorong kemajuan dan percepatan atau akselerasi penggunaan motor listrik (EV) di Indonesia.

Menteri Perhubungan yang diwakilkan oleh Direktur Sarana Transportasi Kemenhub Danto Restyawan mengatakan saat ini kementerian perhubungan telah menyusun peta jalan transportasi kendaraan bermotor listrik beserta ekosistemnya.

“Jadi saat ini Kemenhub tengah menyusun peta jalan Transformasi kendaraan berbasis listrik dan juga baterai beserta ekosistem nya sebagai kendaraan operasional pejabat pemerintah dan juga angkutan perkotaan baik di pusat kota maupun di daerah,” Kata Direktur Sarana Transportasi Kemenhub Danto Restyawan di Acara Ride to the Future di Jakarta, Senin (21/3/2022).

 BACA JUGA:Tiga Motor Kecelakaan Karambol di Jalur Puncak, Korban Luka Berat

“Selain itu, upaya lainnya adalah penggunaan KLBB Pusat di Daerah dan BUMN yang di Instansi dan Telah memberikan insentif tarif penggunaan uji tipe bermotor listrik berbasis listrik dan baterai. Jadi kami menyambut baik segala kolaborasi dalam membangun kendaraan listrik yang integrasi,” Tambahnya.

Dia memastikan, kalau kendaraan listrik ini bisa membantu mengurangi emisi dan memperbaiki kualitas udara.

“Dalam upaya mengajak masyarakat untuk mengurangi emisi dan meningkatkan kualitas udara di Indonesia. Sebagaimana diketahui dalam penanganan perubahan iklim dan penurunan emisi di sektor transportasi emisi di indonesia terus kita gencarkan mencapai target net zero emision 2060,” katanya.

 BACA JUGA:Ojol Pakai Motor Listrik, Tarifnya Berapa?

Kemenhub mengapresiasi dukungan pihak swasta atas segala percepatan yang dilakukan dalam penggunaan kendaran listrik khususnya berbasis baterai

“semoga ini bisa bisa menjadi langkah awal untuk percepatan, dalam rangka peningkatan peran aktif pelaku industri untuk mulai mengembangkan kendaraan yang bertenaga listrik,” tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan peraturan presiden atau Perpres nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan motor listrik berbasis baterai untuk transportasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini