Share

Kabur dari IKN, Softbank Lebih Pilih Investasi di Sumbar

Rus Akbar, Okezone · Senin 21 Maret 2022 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 470 2565259 kabur-dari-ikn-softbank-lebih-pilih-investasi-di-sumbar-HiO4Aa5Bgx.jpg Softbank tertarik investasi di Sumbar (Foto: Okezone)

PADANGSoftBank menyatakan mundur dari investasi proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Perusahaan asal Jepang ini ternyata melirik Sumatera Barat untuk berinvestasi.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumatra Barat, Adib Alfikri kepada MNC Portal Indonesia, Senin (21/3/2022).

“Ini masih pendalaman nanti bagaimana bentuk, namun belum sampai ke tingkat lebih tinggi, itu kan keinginan SoftBank, kita juga lagi gencar mencari investor untuk masuk ke Sumatera Barat,” katanya.

Namun Adib mengakui belum tahu apa yang diinginkan oleh pihak SoftBank. “Kita belum tahu apa yang mereka inginkan kita mau coba dalami, kita lihat dulu segi apa yang dikembangkan,” ungkapnya.

Adib juga mengatakan saat ini pihaknya masih mencari pola-pola bentuk kerja sama serta menunggu jadwalnya untuk bertemu untuk membicarakan lebih lanjut sesuai arahan gubernur Sumatera Barat. “Berbagai pertimbangan proyek IKN, Softbank mundur. Dari sana nanti kita bisa kembangkan potensi di Sumatera barat mudah-mudahan saja, tapi masih taraf penjajakan, pendekatan,” pungkasnya.

Sebelumnya, SoftBank menarik diri dari investasi proyek pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan, yang dikenal dengan proyek IKN. Pembatalan investasi ini diungkapkan juru bicara Softbank.

"SoftBank tidak melakukan proyek itu, tapi terus berinvestasi di Indonesia lewat perusahaan-perusahaan portfolio Vision Fund," kata juru bicaranya kepada Reuters.

Batalnya SoftBank pada investasi IKN cukup mengejutkan. Pasalnya pada Januari 2020, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan, mengatakan SoftBank telah menawarkan USD40 miliar atar setara Rp572 triliun (kurs Rp14.300 per USD) untuk membiayai proyek itu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini