Share

Lindungi UMKM, Menkop Teten Ingatkan E-Commerce soal Cross Border

Taufik Fajar, Okezone · Jum'at 25 Maret 2022 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 320 2567707 lindungi-umkm-menkop-teten-ingatkan-e-commerce-soal-cross-border-fQ6BhSMdbi.jpg Menkop UKM Teten Masduki ingatkan praktik cross border (Foto: Setkab)

BALI - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengingatkan e-commerce soal cross border. Untuk diketahi, cross border merupakan perdagangan berbasis elektronik atau e-commerce dengan layanan pengiriman tujuan ke luar negeri dan sebaliknya.

Komitmen dari e-commerce diperlukan untuk mendongkrak belanja produk lokal. Sebab konsumsi dari dalam negeri juga dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Sebelum pandemi kan 52% ekonomi Indonesia digerakkan oleh konsumsi masyarakat. Jadi butuh komitmen e-commerce untuk mengandalkan ekonomi dalam negeri. Jadi bukan hanya pemerintah tapi masyarakat dan e-commerce," ucap dia, Jumat (25/3/2022).

Kemudian lanjut dia, Kemenkop UKM akan lebih fokus di pendampingan dan kurasi produk UMKM agar produk mereka siap bersaing dengan produk luar negeri.

Menurut dia, dari segi pembiayaan juga sudah tidak lagi menjadi persoalan untuk UMKM agar dapat memproduksi dalam jumlah yang besar.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pihaknya juga sudah membuat daftar produk impor yang dapat diganti dan dibuat dari dalam negeri. Dia pun menegaskan akan menggandeng importir untuk mengalihkan produksi dari dalam negeri.

"Kami sudah ada pembicaraan dengan mereka dan data di kementerian dan lembaga yang masih impor untuk diproduksi dalam negeri. Kami yakin hampir semua bisa diproduksi dalam negeri dan ini bagus untuk pertumbuhan UMKM," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini