Share

Erick Thohir Ungkap Milenial dan Serikat Pekerja Jadi Ujung Tombak Transformasi PLN

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 07 April 2022 21:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 07 320 2575211 erick-thohir-ungkap-milenial-dan-serikat-pekerja-jadi-ujung-tombak-transformasi-pln-ma84FRHFg6.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone/BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut PT PLN (Persero) sebagai tumpuan utama pertumbuhan ekonomi nasional. perseroan merupakan jantungnya Indonesia.

Menurutnya, di tengah perubahan zaman, kemajuan teknologi, hingga misi mencapai carbon neutral pada 2060, PLN perlu mengadaptasi perubahan dengan cepat. Salah satunya melalui transformasi PLN menjadi World Class Company.

"PLN merupakan jantungnya Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia hari ini sangat bergantung pada listrik. Untuk itu PLN harus terus melakukan inovasi dan PLN harus terus didukung eksistensinya," ujar Erick di Auditorium PLN, Kamis (7/4/2022).

Sejalan dengan peran pentingnya sebagai backbone pertumbuhan ekonomi, PLN juga harus menjadi World Class Company. Erick mencTat PLN perlu bergerak cepat dan menjadi perusahaan yang lebih lincah.

Dia menilai upaya ini tak lepas dari keterlibatan generasi milenial PLN dan juga Serikat Pekerja PLN.

"Generasi milenial dan Serikat Pekerja merupakan kekuatan PLN untuk melangkah jauh ke depan. Saat ini semua ada dalam satu platform, satu keluarga dalam satu garis perjuangan," ungkap Erick.

Untuk mendukung PLN lebih lincah, lanjut Erick kedepannya diperlukan persamaan visi misi antara pemerintah, Direksi PLN, manajemen dan juga insan PLN. Kekompakan ini menurut menjadi poin kunci untuk membawa PLN lebih baik ke depannya.

"Apalagi saat ini era disrupsi sehingga butuh kekompakan dan semua pihak harus solid dalam menghadapi perubahan ini," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Erick pun mengapresiasi semangat Serikat Pekerja PLN yang selalu berada di garda depan pada setiap momen-momen penting perusahaan.

"Saya sering mendapat laporan, SP PLN selalu hadir dengan caranya sendiri. Selalu punya semangat untuk memajukan PLN. Jadi saya berharap serikat pekerja ini dijadikan sebagai kekuatan yang semakin terintegrasi, satu padu," ungkap dia.

Ketua Serikat Pekerja PLN Ali Abrar menjelaskan dukungan dari Menteri BUMN merupakan bukti nyata dari pemerintah dalam mendorong PLN menjadi perusahaan yang lincah dan terdepan dalam melayani masyarakat.

"Melalui transformasi, PLN berkomitmen untuk semakin memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan masyarakat. Dukungan dari pemerintah merupakan penyemangat bagi seluruh insan PLN," kata Ali Abrar.

Perwakilan Milenial PLN, Santika Aristi menilai dalam menjawab tantangan zaman saat ini seperti kemajuan teknologi perlu keterlibatan aktif peran generasi muda yang mudah beradaptasi. Ia juga menilai PLN memberikan ruang yang luas bagi insan muda mengembangkan potensinya.

"Sehingga generasi muda bisa berkontribusi lebih bagi masyarakat dan membawa PLN lebih baik lagi kedepan," ujar Risti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini