Share

Angkat Mantan Direktur PLN Jadi Bos Geo Dipa Energi, Sri Mulyani Soroti Harga Batu Bara dan BBM

Suparjo Ramalan, iNews · Jum'at 08 April 2022 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 320 2575576 angkat-mantan-direktur-pln-jadi-bos-geo-dipa-energi-sri-mulyani-soroti-harga-batu-bara-dan-bbm-mCfqBcmoPM.jpg Sri Mulyani angkat dirut Geo Dipa Energi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati resmi menetapkan Muhammad Ikbal Nur sebagai Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero). Ikbal menggantikan posisi Riki Ibrahim.

Pergantian orang nomor satu di perusahaan pelat merah ini setelah adanya kebocoran sumur bor Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di kawasan Dieng, Banjarnegara.

M Ikbal Nur sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan PT PLN (Persero).

 BACA JUGA:Menhan Prabowo Bertemu Sri Mulyani, Bahas Apa?

Dia diberhentikan secara terhormat oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Desember 2021 lalu.

Sri Mulyani pun menyoroti sejumlah isu energi saat memberikan sumpah jabatan kepada Direksi Geo Dipa yang baru.

Dia menyampaikan Geo Dipa sebagai perusahaan di bidang energi terbarukan dan geothermal memiliki potensi yang sangat besar.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Dia mengingatkan di tengah harga minyak, batu bara, dan seluruh komoditas, kemampuan Indonesia untuk memiliki energi terbarukan yang terdiversifikasi menjadi semakin penting dan strategis.

“Sudah seharusnya PT Geo Dipa bisa menjadi perusahaan yang mampu terus mengeksplorasi dan mengembangkan apa yang disebut energi renewable bagi kebutuhan Indonesia ke depan. Geothermal merupakan salah satu sumber yang diandalkan. Saya berharap para direksi memahami kebutuhan strategis, baik karena dipicu oleh kondisi global maupun karena kepentingan nasional,” ujar Sri Mulyani, dikutip Jumat (8/4/2022).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengungkapkan kemampuan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dan konsumsi energi masih relatif rendah dibandingkan negara-negara di ASEAN maupun negara G20.

 BACA JUGA:Curhat Sri Mulyani Harga Pangan Serba Naik: Kita Ada Rp455 Triliun untuk Rakyat

Dengan permintaan energi yang semakin meningkat, kebutuhan untuk bisa menghasilkan energi yang bersih harus diwujudkan.

“Bagaimana kita memenuhi permintaan yang akan terus meningkat, namun pada saat yang sama, menurunkan karbon dioksida, emisi karbon, terutama dari sektor energi. Peranan PT Geo Dipa sebagai perusahaan yang menghasilkan renewable energi dari geothermal menjadi sangat penting dan nyata. Saya meminta kepada direksi untuk melihat kesempatan dan tantangan ini sebagai sebuah landscape yang harus diatasi,” jelasnya.

Tak lupa dia meminta Geo Dipa Energi untuk mampu menangkap peluang yang ada, menjawab kebutuhan nasional, dan menggunakan kesempatan bersejarah di mana energi sangat dibutuhkan dan renewable energi menjadi solusinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini