Share

Tips Menteri ESDM Urai Antrean Pembelian Solar

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 10 April 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 09 320 2576117 tips-menteri-esdm-urai-antrean-pembelian-solar-K8WoErs8tE.jpg Tips Urai Antrean Beli Solar di SPBU. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Menteri ESDM Arifin Tasrif meminta pengelola SPBU mengurai antrean dalam pengisian BBM. Di mana Arifin mendapat informasi langsung dari supir truk terkait antrian selama pembeliaan solar.

Dirinya pun menyarankan supaya selang nozle pada dispenser SPBU agar diganti yang lebih panjang supaya mempercepat proses pengisian BBM dari satu jalur menjadi dua jalur.

"Kedua, model dispenser SPBU agar dimodernisasi sehingga proses pengisian tidak memerlukan waktu yang lebih lama. Misal untuk pengisian 80 liter cukup dilakukan dalam waktu 3 menit," bebernya.

Terakhir, Arifin menyarankan pencantuman harga subsidi dari Pemerintah di setiap bukti pembelian BBM bersubsidi. per liter.

Arifin kembali menekankan bahwa BBM bersubsidi harus terus diawasi.

Baca Selengkapnya: Cegah Antrean Panjang Beli BBM, Ini Pesan Menteri ESDM ke SPBU

Sebelumnya, Pertamina memastikan stok solar subsidi cukup dan aman untuk 20 hari lebih. Bahkan penyaluran solar subsidi melebihi kuota 10% dari yang ditentukan.

Akan tetapi, fakta dilapangan supir truk harus antre berjam-jam untuk mendapat bahan bakar, begitu pula para nelayan.

Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyebutkan, ada keterlibatan oknum curang yang menyelewengkan penyaluran solar subsidi.

"Ini disebabkan karena ada disparitas harga antara harga BBM subsidi dan harga BBM non subsidi, sehinga ada oknum yang mengambil keuntungan dalam kondisi seperti ini," ujar Irto saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini