Share

Sidak ke Pasar, Mendag: Harga Barang Pokok Stabil dan Jumlah Tercukupi

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 320 2578844 sidak-ke-pasar-mendag-akui-harga-gula-hingga-minyak-goreng-curah-naik-C4ldflYbGT.jpeg Mendag Muhammad Lutfi (Foto: MPI)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi melakukan sidak ke Pasar Rawamangun, Jakarta. Hal ini guna memantau ketersediaan dan harga kebutuhan barang pokok (bapok) selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Dari hasil tinjauannya, harga kebutuhan barang pokok relatif stabil dan stoknya dalam jumlah yang cukup. Artinya, selama masa Ramdhan ini masyarakat tak perlu khawatir.

"Barang di dalam stoknya cukup dan mudah-mudahan karena stoknya cukup, ini bisa terjangkau. Harganya juga relatif stabil," ucap Mendag Lutfi usai meninjau bapok di Pasar Rawamangun, Kamis (14/4/2022).

Dia menyebutkan, harga beras cenderung stabil. Kemudian, telur dan ayam ras juga sudah turun. Begitu pun dengan cabai dan bawang.

"Harga cabai rawit merah sudah turun drastis. Tadi saya ngobrol dengan pedagang di dalam, sebelumnya dijual Rp 60.000/kg, kini sudah Rp 30.000/kg," urai Mendag.

"Mudah-mudahan harga barang lainnya bisa stabil terus," imbuhnya.

Lanjut Lutfi, beda halnya dengan gula. Saat ini, harganya sedikit merangkak naik namun ketersediaannya dalam jumlah yang cukup.

Selain gula, dia bilang, barang pokok yang masih terpantau naik adalah minyak goreng curah. Saat ia berbincang dengan pedagang di pasar, ia mendapat laporan bahwa harga jual masih di patok Rp 16.000/kg, padahal semestinya pedagang menjual seharga Rp 15.500/kg.

"Jangan khawatir, situasi ini perlahan akan membaik. Mobil tangki isi minyak goreng curah subsidi akan datang ke pasar-pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga mudah-mudahan bisa mencapai harga yang ditentukan oleh pemerintah sebelum lebaran," pungkas Mendag.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini