Share

Bangun Banyak Jalan Tol, Sri Mulyani Akui Daya Saing RI Masih Kalah dengan Negara Asean 5

Michelle Natalia, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 320 2578912 bangun-banyak-jalan-tol-sri-mulyani-akui-daya-saing-ri-masih-kalah-dengan-negara-asean-5-I0UO656W8o.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur adalah sebuah agenda penting yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia mencatat saat ini setidaknya ada 54 proyek jalan tol yang dikategorikan sebagai proyek strategis nasional. Ini lokasinya tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Bahkan dengan pembangunan infrastruktur terutama jalan tol yang begitu banyak, ranking dari competitiveness atau daya saing Indonesia masih relatif lebih rendah daripada negara-negara ASEAN 5," ujar Sri dalam Kunjungan Presiden dan Penandatanganan Perjanjian Induk antara INA dengan Hutama Karya pada Kamis(14/4/2022).

Maka dari itu, dia mengatakan bahwa akselerasi percepatan pembangunan infrastruktur merupakan sebuah pilar yang sangat penting dalam memajukan ekonomi Indonesia, terutama dari aspek perbaikan daya saing dan produktivitas.

Dengan adanya penandatanganan perjanjian induk antara Indonesia Investment Authority (INA) dan PT Hutama Karya (Persero), juga konfirmasi dimulainya Waskita Toll Road adalah realisasi pembiayaan yang sifatnya inovatif, di mana sumber pembiayaan merupakan suatu skema baru di dalam rangka untuk terus mengakselerasi pembangunan infrastruktur.

"Terutama pembangunan jalan tol di Indonesia dengan mengikutsertakan investor baik dari dalam dan luar negeri melalui INA," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini