Share

Harga Emas Turun Tertekan Dolar dan Imbal Hasil Obligasi AS

Antara, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 320 2579424 harga-emas-turun-tertekan-dolar-dan-imbal-hasil-obligasi-as-eEK7fggk1N.jpg Harga Emas Turun. (Foto: Okezone.com/Freepik)

CHICAGO - Harga emas jatuh pada akhir perdagangan Kamis, setelah dolar dan imbal hasil obligasi pemerintah AS menguat ketika investor bersiap untuk kenaikan suku bunga AS. Tetapi permintaan safe-haven yang dipicu krisis Ukraina dan inflasi meningkat, sehingga emas tetap di jalur untuk kenaikan mingguan.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni di divisi Comex New York Exchange tergelincir USD9,8 atau 0,49% menjadi USD1.974,90 per ounce. Pasar emas juga sedikit overbought secara teknis.

Baca Juga: Harga Emas Naik Lagi, Catat Rekor Tertinggi

Sementara bank sentral seluruh dunia berlomba untuk menjinakkan lonjakan inflasi, Bank Sentral Eropa (ECB) memutuskan untuk tetap pada rencananya menarik kembali stimulus tahun ini. Sebuah langkah yang terlihat kurang agresif dalam menghadapi inflasi yang melonjak.

"Anda mendapat kejutan dovish dari ECB, yang benar-benar memberikan kekuatan di sini untuk dolar. Jadi emas mendapat pukulan keras di sini," kata Analis Senior OANDA, Edward Moya, dikutip dari Antara, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga: Harga Emas Antam Naik Rp5.000, Tembus Rp1 Juta per Gram

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya naik 0,5% sehingga membuat harga emas dalam dolar lebih mahal bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya. Emas juga melemah karena imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun yang dijadikan acuan naik.

Meskipun emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan risiko geopolitik, kenaikan suku bunga meningkatkan peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei turun 33 sen atau 1,27% menjadi USD25,7 per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik USd4,6 atau 0,46% menjadi USD994,2 per ounce.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini