Share

Utang Garuda Indonesia Rp139 Triliun, Erick Thohir Disebut Tawar Bayar 25%

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Minggu 24 April 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 24 320 2584431 utang-garuda-indonesia-rp139-triliun-erick-thohir-disebut-tawar-bayar-25-qFrcNKuEEm.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menawarkan agar PT Garuda Indonesia Tbk, hanya membayar utangnya sebesar 20-25 persen dari total utang yang mencapai Rp139 triliun. Tawaran itu diajukan kepada lessor atau vendor Garuda.

Kabar ini disampaikan pengamat penerbangan Alvin Lie kepada MNC Portal Indonesia. Hanya saja, belum diketahui secara pasti bahwa tawaran yang diajukan Kementerian BUMN dalam bentuk proposal restrukturisasi ini sudah disetujui kreditur.

Alvin menyatakan bahwa Erick menawarkan agar utang Garuda Indonesia hanya dibayarkan 20-25 persen dengan waktu pelunasan 20 tahun dengan bunga 0 persen.

"Sepengetahuan saya, negosiasi saat ini adalah lessor maupun vendor itu akan ditawarkan opsi dengan sirup bon yaitu dibayar dalam 20 tahun dengan bunga 0 persen. Itupun juga dengan konferensi, misalnya untuk setiap dolar nya itu dinilai sekitar 20-25 sen atau gi hanya membayar 20-25 persen dari nilai hutangnya," ungkap Alvin, Minggu (24/4/2022).

Tawaran lain adalah mengkonversi sebagian utang emiten dengan kode saham GIAA ini menjadi saham. Bila skema ini disetujui pemilik piutang, maka sebagian saham Garuda Indonesia menjadi milik vendor dan lessor.

Hanya saja, Alvin tidak merinci berapa persen saham yang akan dikonversi dengan utang jumbo Garuda. Menurutnya, tawaran restrukturisasi ini cukup efektif untuk menyelamatkan emiten penerbangan pelat merah dari jurang kepailitan.

Pasalnya, langkah ini dapat meringankan beban keuangan perusahaan, sehingga kinerja bisnisnya dapat berjalan baik kedepannya.

"Sebagian lagi ditawarkan utang itu dikonversi menjadi saham. Nah, dengan cara seperti itu, vendor atau lessor yang menyetujui akan sangat meringankan beban Garuda dan Garuda dapat optimis bisa bertahan hidup," ujar Alvin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini