Share

Ciptakan Lapangan Kerja, Akses Kredit UMKM Bakal Dipermudah

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 455 2586207 ciptakan-lapangan-kerja-akses-kredit-umkm-bakal-dipermudah-CtPa0PUHSp.jpg Menkop Terus Dorong Kemudahan Akses Kredit UMKM. (Foto: Okezone.com/Kemenkop)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai bahwa SMESCO bukan hanya untuk pasar domestik saja, tapi juga pasar global. Dia menekankan bahwa SMESCO harus menjadi rumah dagang bagi para pelaku UMKM.

Menurutnya, saat ini UMKM harus mulai unjuk gigi dan menunjukkan bahwa mereka memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Pasalnya, lapangan kerja itu 97% berasal dari UMKM. Tapi akses kredit UMKM hanya 20%.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Tak Hanya Beri Modal tapi Harus Lakukan Pendampingan ke UMKM

Usaha besar yang justru mengakses kredit sebesar 80% hanya menyediakan lapangan kerja 3%.

"Sudut pandang UMKM sebagai bantalan ekonomi harus berubah karena UMKM belum dilihat sebagai tulang punggung ekonomi. Kita harus berubah. Karena dengan mengubah sudut pandang ini, akses pembiayaan, infrastruktur, akses lahan, permodalan, dan lainnya juga akan berubah," kata Menteri Teten.

Baca Juga: UMKM Senang, Siap Dapat Rp400 Triliun dari Pemerintah

Sementara itu, Director of Business dan Marketing SMESCO Wientor Rah Mada menjelaskan bahwa pasar kaget ini sebenarnya bukan program baru dari SMESCO. Namun, karena pandemi, pasar kaget ini baru dapat dilakukan kembali di tahun ini.

"Pasar Kaget SMESCO ini hanya satu hari, dimulai dari pukul 10.00 WIB. Beragam diskon mulai dari 10% sampai 50%. Momentum ini kami pakai untuk meningkatkan penjualan produk UMKM yang ada di Gedung SMESCO. Kami tampilkan 52 booth dengan 56 peserta UKM yang beragam. Sebanyak 200 orang juga ditargetkan mendapatkan vaksinasi di sini," kata Wientor.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini