Share

Malam Takbiran! Peringatan Hari Buruh Digeser ke 12 Mei 2022

Ikhsan Permana, MNC Portal · Kamis 28 April 2022 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 320 2586930 malam-takbiran-peringatan-hari-buruh-digeser-ke-12-mei-2022-ZhGdpjOrbq.jpg Peringatan Hari Buruh Bakal Digeser dari 1 Mei. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) mengisntruksikan seluruh anggotanya agar peringatan May Day atau Hari Buruh yang diselenggarakan pada 1 Mei akan digeser ke tanggal 12 Mei.

Presiden KSPSI, Andi Gani Nena Wea mengatakan, pergeseran tanggal dikarenakan kemungkinan malam takbiran jatuh pada 1 Mei bertepatan dengan perayaan Hari Buruh Internasional.

Baca Juga: May Day Buruh di JIS, Jakpro: Belum Buka untuk Kegiatan Umum

“May Day tahun ini akan digeser, karena kemungkinan bertepatan dengan malam takbiran. Jadi, kami minta seluruh anggota KSPSI merayakannya dengan doa bersama ditempat masing-masing," kata Andi dalam siaran pers, Kamis (28/4/2022).

Rencananya KSPSI akan melakukan aksi yang dipusatkan di sekitaran Patung Kuda. Aksi itu akan dihadiri oleh sekitar empat ribu sampai dengan lima ribu buruh. Andi juga menyampaikan aksi bukan hanya dilakukan di Jakarta tetapi di seluruh wilayah Indonesia akan menggelar aksi serupa.

Baca Juga: Peringatan Hari Buruh 2022 di GBK Digeser Jadi 14 Mei

Andi menambahkan, akan ada tiga tuntutan utama dalam aksi May Day mendatang. Pertama menolak Revisi UU No.12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Karena revisi tersebut hanya untuk melegalkan metode Omnibus Law UU Cipta Kerja, tanpa memperbaiki substansi UU Cipta Kerja yang diminta oleh Mahkamah Konstitusi pada keputusan sebelumnya," jelasnya.

Kedua, meminta agar Klaster Ketenagakerjaan dikeluarkan dari UU Cipta Kerja. Ketiga, menolak revisi UU No. 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja Serikat Buruh. Ikhsan Permana SP

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini