Share

May Day 2022, Ini Sejarah Hari Buruh Sedunia

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Minggu 01 Mei 2022 07:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 320 2587941 may-day-2022-ini-sejarah-hari-buruh-sedunia-SpHJn2po4S.jpg Hari Buruh Internasional (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hari Buruh Sedunia atau May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei, tepat di hari ini. Para pekerja/buruh di dunia memiliki sejarah perjuangan yang panjang dan masih berlangsung hingga kini. Pekerja/buruh berjuang demi menuntut hak yang tidak jarang tertindas.

Dalam peringatan hari buruh ini Menaker Ida Fuaziyah memberikan paket sembako kepada masyarakat di Mojokerto Jawa Timur, pada Jumat 29 April 2022.

Menaker mengatakan, penyaluran paket sembako ini merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam membantu masyarakat di bulan ramadan yang penuh berkah.

"Ini merupakan wujud dari kepedulian pemerintah dalam membantu sesama di bulan ramadan yang penuh berkah," katanya dalam Instagram resmi Kemnaker, Minggu (1/5/2022).

Ia tidak lupa mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menjaga ibadahnya meskipun bulan ramadan telah berakhir.

Kegiatan ini, kata Menaker, terselenggara atas kerjasama antara Kemnaker dengan BPJS Ketenagakerjaan. "Saya mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang sudah membantu menyalurkan paket sembako ramadan kepada masyarakat yang membutuhkan," ucapnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pembagian sembako ramadan ini menjadi rangkaian dari kegiatan KETUPAT MAY DAY dalam memperingati Hari Buruh Internasional.

Sejarah kemunculan hari buruh dimulai dari tanggal 1 Mei 1886 silam, di mana pekerja/buruh melakukan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut diberlakukannya 8 jam kerja setiap hari, serta upah yang layak. Dengan perjuangan yang gigih, akhirnya tuntutan itu dikabulkan.

Untuk mengingat momentum bersejarah tersebut, kongres sosialis dunia menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional.

Indonesia sendiri telah menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini