Share

5 Cara yang Bisa Bantu Kuatkan Rupiah dan Selamatkan Negara, Nomor 1 Tolong Diprioritaskan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2022 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 06 622 2589833 5-cara-yang-bisa-bantu-kuatkan-rupiah-dan-selamatkan-negara-nomor-1-tolong-diprioritaskan-lssHnRAQPo.jpg Cara Bisa Bantu Kuatkan Rupiah (Foto:Okezone)

JAKARTA- Ada 5 cara yang bisa bantu kuatkan rupiah dan selamatkan negara. Nilai tukar rupiah sangat bergantung pada pergerakan dolar Amerika Serikat (AS).

Jika, dolar menguat otomatis rupiah akan melemah. Sebaliknya, mata uang Amerika Serikat itu melemah maka mata uang Garuda Indonesia akan menguat.

Meski begitu, ada beragam cara rupiah bisa terus menguat dan naik ke posisi yang lebih aman dari saat ini. Hal tersebut, tidak hanya datang dari upaya pemerintah semata, warga negara juga punya andil besar untuk ikut membantu menguatkan nilai rupiah.

Berikut 5 Cara yang bisa bantu kuatkan rupiah dan selamatkan negara:

1. Cintai Produk Lokal

Mencintai produk dalam negeri bisa menjadi salah satu langkah awal guna memperkuat nilai rupiah.

Artinya, dengan membeli produk lokal dapat mendorong masyarakat agar mau dan tergerak untuk melirik para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yang selama ini juga ikut berjuang sebagai tulang punggung perekonomian negara.

Lagi pula saat ini, sudah banyak produk lokal yang tidak kalah berkualitas khususnya produk fashion sampai makeup. Bagi Anda yang kebetulan memiliki bidang usaha kecil dan menengah, bisa juga memanfaatkan momentum ini untuk mendorong kegiatan ekspor. 

2. Tukar dolar AS ke rupiah

Jika Anda memiliki simpanan dolar, jangan ragu untuk menukarkannya sebanyak mungkin ke rupiah. Bukan semata-mata untuk mengejar keuntungan saja ya. Tapi berasarkan teori ekonomi, penukaran dolar AS ke rupiah amat mempengaruhi kurs mata uang nasional karena adanya perputaran rupiah.

3. Tunda traveling ke luar negeri dan beli gadget

Agar rupiah menguat, tunda sejenak rencana Anda traveling ke luar negeri. Ini merupakan cara yang juga efektif dilakukan. Pasalnya jika traveling ke luar negeri, Anda justru harus membeli mata uang asing, lalu rupiah tidak akan digunakan.

4. Terus bertransaksi dengan rupiah

Dolar AS yang naik umumnya akan berdampak pula pada harga kebutuhan pokok sehari-hari. Sebut saja bahan pangan dan bahan bakar minyak. Sebagai konsumen, Anda tidak perlu takut dan lantas menunda pembelian barang konsumsi. 

Anda tetap bisa berkontribusi dalam stabilitas ekonomi dengan membeli kebutuhan pokok, selama kenaikan harganya pun masih dalam taraf wajar.

5.Investasi di sektor pariwisata

Berinvestasi saat nilai tukar rupiah anjlok? Siapa takut! Ada sejumlah bidang yang tetap menguntungkan dan tak begitu terdampak meski nilai sedang fluktuatif. Misalnya bisnis pada sektor pariwisata.

Penginapan hingga toko oleh-oleh di kawasan wisata, terutama yang ramai dikunjungi turis mancanegara ini diam-diam bisa membantu rupiah menguat.

Demikian 5 cara yang dapat membantu menguatkan rupiah dan menyelamatkan negara. (RIN)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini