Share

Matahari Putra Prima (MPPA), Emiten Mochtar Riady Raup Penjualan Rp1,6 Triliun di Kuartal I-2022

Anggie Ariesta, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 278 2591546 matahari-putra-prima-mppa-emiten-mochtar-riady-raup-penjualan-rp1-6-triliun-di-kuartal-i-2022-fMIaRsp5IU.jpg Penjualan Matahari Putra Prima alami kenaikan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) meraup penjualan Rp1,69 triliun di kuartal I 2022. Penjualan emiten Mochtar Riady ini meningkat 9,2% dengan pertumbuhan comparable sales sebesar 5,2% meskipun adanya pembatasan PPKM dan kelangkaan minyak goreng.

Chief Executive Officer MPPA Elliot Dickson mengatakan, dengan pelonggaran mobilitas masyarakat, tingkat PPKM dan jam operasional bisnis, penjualan pada April menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Hal ini membawa lebih banyak momentum peningkatan kinerja penjualan Matahari ke depan.

"Kami mengubah arah pertumbuhan penjualan Perseroan dan bersiap memasuki Q2 dan periode berikutnya selama tahun 2022 untuk membawa MPPA ke pijakan yang tepat sebagai peritel modern FMCG terkemuka di Indonesia,” ujar Dickson dalam keterangan resmi di keterbukaan informasi BEI, dikutip Selasa (10/5/2022).

Bisnis e-commerce MPPA melanjutkan pertumbuhannya yang luar biasa sebesar +56,3% dan mewakili 7,3% dari total penjualan reguler di kuartal I 2022. Hal ini tercapai sebagai hasil dari MPPA melanjutkan upayanya dalam memperluas dan memperkuat strategi omni-channel melalui kolaborasi promosi yang terfokus dan intensif dengan para mitra marketplace serta memperkuat bisnis online organiknya (Chat & Shop by WA & Hypermart Online).

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

MPPA juga bangga dapat mencatatkan pertumbuhan penjualan yang solid pada MTD April 2022 seiring membaiknya situasi Covid19 dengan pelonggaran PPKM dan momentum kuat periode Lebaran. Format ritel utama MPPA dan bisnis e-commerce-nya berhasil mencatat pencapaian penjualan yang positif di bulan April 2022.

Rinciannya, Penjualan MTD April secara keseluruhan meningkat sebesar +26,6% YoY, Penjualan reguler (tidak termasuk penjualan online) meningkat +26,5% YoY, dan Penjualan bisnis online / e-commerce meningkat sebesar +81,0% YoY.

Selama bulan April, Perseroan fokus memanfaatkan momentum Lebaran dengan 2 event promosi penting dan beberapa kegiatan lainnya dalam periode tersebut, sehingga menjadikannya sebagai periode Lebaran terkuat hingga saat ini dibandingkan dengan Lebaran 2019 (era pra-Covid).

Menurut Elliot Dickson, MPPA telah berada di jalur transformasi O2O yang baik dan akan melanjutkan fokusnya untuk menjalankan bisnis ritel, baik offline maupun online.

"Lebih banyak kolaborasi dengan para pelaku marketplace dan beberapa perluasan toko berukuran lebih kecil dan lebih efisien di lokasi mandiri berada dalam agenda utama dan prioritas kami untuk pelaksanaan yang berkelanjutan," pungkas Dickson.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini