Share

Antisipasi Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku Hewan, Mentan Siapkan Vaksin

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 320 2592497 antisipasi-penyebaran-penyakit-mulut-dan-kuku-hewan-mentan-siapkan-vaksin-7nTaJ0Lhvp.jpg Mentan Siapkan Vaksin untuk Penyakit Mulut dan Kuku Hewan. (Foto: okezone.com/MPI)

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan bahwa penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan memiliki daya tular yang sangat cepat. Penyebarannya bahkan bisa melalui udara maupun kontak langsung pada hewan.

Mengantisipasi penyebaran yang makin luas, Kementan menjanjikan bakal hadirkan vaksin virus tersebut dalam waktu dekat.

Baca Juga: Angka Kematian Hewan Ternak Kena Penyakit Mulut dan Kuku Hanya 1,1%

"Kita dengan segala kekuatan yang ada akan berusaha untuk menghadirkan vaksin dalam waktu yang sangat singkat," ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam juma persnya, Rabu (20/5/2022).

"Kita sepakat oleh para gubernur wabil Khusus Jawa Timur dan Aceh, vaksin yang kita pakai adalah vaksin nasional," sambungnya.

Baca Juga: Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Berdampak ke Suplai Daging? Ini Penjelasan Buwas

Namun demikian Mentan menjelaskan pembuatan vaksin memerlukan waktu, baik dalam proses pembuatannya, maupun proses distribusinya.

"Oleh karenya itu dalam 14 hari, pak Dirjen akan kita tugaskan untuk vaksin impor yang jumlahnya belum banyak," kata Mentan.

Hal tersebut bertujuan untuk menunggu rampungnya pembuatan vaksin nasional yang saat ini sedang dalam proses pembuatan. Sehingga diharapkan bisa menekan laju penyebaran virus yang cukup cepat melalui udara.

"Dalam waktu yang singkat ini, di 4 kabupaten dan 2 kabupaten di Aceh, maka yang dilakukan adalah menyebarkan obat yang ada, untuk menunggu vaksin kita ditemukan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini