Share

Menteri Basuki Percepat Belanja Infrastruktur dan Larang Impor

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Kamis 12 Mei 2022 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 320 2592868 menteri-basuki-percepat-belanja-infrastruktur-dan-larang-impor-fpC5OBTiVC.jfif Menteri Basuki Prioritaskan Produk Lokal untuk Proyek Infrastruktur. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendorong penggunaan produk lokal pasca-pandemi Covid 19. Hal ini untuk mendorong dan mempercepat pemulihan ekonomi.

"Pasca-pandemi ini kita dorong pemanfaatan produk-produk dalam negeri, kalau dulu perintahnya utamakan produksi dalam negeri, kalau sekarang dilarang impor," ujar Menteri Basuki, Kamis (13/5/2022).

Baca Juga: Menperin: Jangan Lupa Rayakan Lebaran dengan Produk dalam Negeri

Selain itu, Menteri Basuki juga mendorong instansinya untuk mempercepat belanja infrastruktur agar pemulihan ekonomi bisa terwujud lebih cepat.

Belanja anggaran Kementerian PUPR diharapkan dapat berkontribusi langsung pada percepatan pemulihan kondisi sosial ekonomi akibat Pandemi COVID-19, dengan menyerap tenaga kerja dan menjaga daya beli masyarakat.

Baca Juga: Sandiaga Uno Minta Kementerian hingga BUMN Jangan PHP Beli Produk Lokal

"Tolong dipercepat, nanti akhir Mei 2022 kita lakukan Midterm Review. Tahun ini sangat krusial untuk bisa kita manfaatkan dalam meringankan beban anggaran 2023," lanjutnya.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Menteri Basuki juga berpesan kepada jajarannya untuk membelanjakan komponen produk dalam negeri untuk menjaga roda ekonomi Nasional. Apabila memang terpaksa harus impor karena dalam negeri tidak ada produksi, maka hal tersebut harus diketahui Direktur Jenderal.

Seperti diketahui saat ini pemerintah setidaknya menggelontorkan dana APBN sekitar Rp400 tirliun yang diperuntukkan bagi belanja produk-produk dan jasa dari dalam negeri. Meski demikian jumlah yang banyak tersebut penting untuk dilakukan monitoring sehingga dana sebesar itu benar benar diserap oleh pasar lokal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini